Tinggalkan Bintan, Gubernur Ansar Akan Lantik Adi Prihantara Sebagai Sekda Kepri Definitif

Sekda Bintan Adi Prihantara dilantik sebagai Sekda provinsi Kepri (Foto; Dok Presmedia.id)
Sekda Bintan Adi Prihantara  akan dilantik sebagai Sekda definitif Provinsi Kepri (Foto; Dok Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepri Ansar Ahmad, direncanakan akan melantik Adi Prihantara sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Kepri definitif.

Infromasi pelantikan Adi Prihantara ini, akan dilangsungkan besok Selasa (16/4/2022) di gedung daerah kota Tanjungpinang.

Pelantikan Sekda definitif Kepri ini, ditandai dengan keluarnya Surat keputusan Presiden melalui menteri dalam Negeri.

Kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) provinsi Kepri Hasan, membenarkan pelantikan Sekda definitif Provinsi Kepri itu.

Hasan mengatakan, dengan dilantiknya Adi Prihantara sebagai Sekda Kepri, secara otomatis mundur sebagai sekda Bintan, karena yang bersangkutan sudah Fit and proper test.

“Untuk sementara Sekda Bintan kosong dan akan ditunjuk Plt lah,” sebut Hasan saat dikonfirmasi, Senin (25/4/2022).

Pun demikian, Hasan tidak merinci tentang jadwal dan acara pelaksanaan pelantikan Adi Prihantara yang akan dilaksanakan besok apakah secara langsung atau offline, demikian juga tamu undangan, apakah wakil gubernur Marlin Agustina serta Bupati dan walikota diundang pada pelantikan itu.

Sebagaimana diketahui, jabatan sekda definitif provinsi Kepri sebelumnya telah kosong hampir 1 tahun, paska Gubernur Kepri Ansar Ahmad menonaktifkan TS.Arif Fadilah sebagai sekda provinsi Kepri dan menunjuk Kepala Badan Kesbangpol Kepri Lamidi sebagai Plh Sekdaprov Kepri.

Masa jabataan Lamidi sendiri, juga sempat diperpanjaang  hingga 2 kali sebagaai Pelaksana Tugas (Plt) dan Pejabat Sementara (PJ) sebelum akhirnya memasuki masa pensiun dan menunjuk Eko Sumbaryadi sebagai Penjabat (Pj) Sekda.

Sementara sesuai dengan Perpres nomor 3 tahun 2018 Pejabat Sekda paling lama menjabat hanya selama 6 bulan dan 3 bulan jika ada kekosongan jabatan Sekda.

Adi Prihantara, merupakan salah satu dari 3 nama calon Sekda Kepri hasil seleksi lelang jabatan Sekda Kepri yang diajukan Gubernur ke Presiden melalui menteri dalam Negeri. Sedangkan dua nama lainya, adalah Sardison dan Misni.

Namun dalam perjalanannya, Ansar Ahmad telah melantik Sardison menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Pembangunan dan Sumber Daya Manusia. Sedangkan Misni, juga dilantik sebagai Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan pencatatan Sipil provinsi Kepri.

Penulis:Presmedia
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.