Disnakertrans Kepri Terima 12 Aduan Persoalan THR dari Kementerian

Kepala Disnaker Kepri, Mangara Simarmata.
Kepala Disnaker Kepri, Mangara Simarmata.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Riau menerima 12 aduan dari masyarakat pekerja terkait persoalan Tunjangan Hari Raya (THR).

Anehnya, sejumlah aduan itu, disampaikan pekerja melalui Daring ke posko aduan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan kemudian diteruskan ke daerah.

Kepala Disnaker Kepri, Mangara Simarmata, mengungkapkan saat ini pihaknya tengah memproses dan mengkaji sejumlah aduan tersebut.

Namun demikian, kebanyakan aduan tersebut soal pekerja yang menilai THR yang diterimanya dari perusahaan tidak penuh satu bulan gaji.

“Nah, tidak penuhnya itu bagaimana masih kami kaji. Apakah sudah sesuai perhitungannya. Kan bisa saja THR tidak penuh diberikan akibat masa kerja belum sampai setahun atau bagaimana,” ucapnya ditemui di Tanjungpinang, Selasa (26/4/2022).

Ia menyebut, jika hasil kajian nanti menunjukan pihak perusahaan yang memang tidak menaati aturan pemberian THR bagi karyawan.

Disnakertrans akan menyurati dan memberikan teguran kepada perusahaan tersebut agar menunaikan tanggungjawabnya.

“Makanya kita tunggu hasil dan proses kajiannya terlebih dahulu,” katanya.

Namun demikian, lanjut Mangara, hingga kini pihaknya belum menerima aduan secara langsung mengenai persoalan pemberian THR di Kepri. Selain itu, dari pihak perusahaan juga belum ada keluhan dalam menunaikan tanggungjawab tersebut.

Diharapkan, kondisi tersebut bisa bertahan sehingga para pekerja yang sudah memenuhi syarat menerima THR dapat memperoleh kesejahteraan tersebut dan menggunakannya untuk keperluan hari raya.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.