Alat Rusak, Pelanggan PDAM Terancam Rayakan Lebaran Tanpa Air

Ilustrasi. Perbaikan pipa PDAM Tirta Kepri di salah satu jalan protokol, Tanjungpinang. (Foto : dok presmedia.id)
Ilustrasi. Perbaikan pipa PDAM Tirta Kepri di salah satu jalan protokol, Tanjungpinang. (Foto : dok presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Warga Tanjungpinang yang merupakan langganan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri terancam merayakan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tanpa air bersih. Terutama, pelanggan yang bermukim di kawasan Kilometer 13 arah Uban hingga kilometer 5 Jalan Gatot Subroto.

Pasalnya instalasi air di sepanjang kawasan tersebut mengalami gangguan, akibat panel listrik di Waduk Sei Gesek rusak akibat petir 27 April 2022 lalu.

Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua, dirinya sudah melihat langsung kondisi kerusakan karena mendapat keluhan mengenai mandeknya distribusi air PDAM ke masyarakat beberapa hari belakangan.

Menurutnya, pihak PDAM berusaha memperbaiki kerusakan tersebut, namun alat yang rusak tersebut harus diganti. Persoalan lainnya adalah alat tersebut tidak tersedia di Tanjungpinang dan Batam, sehingga harus dipesan di Jakarta.

“Untuk pemesanan dan perbaikan kemungkinan dibutuhkan waktu 10 hari, karena persoalan hari libur cuti lebaran. Ditambah lagi, harga alat itu mahal sekitar Rp 100 jutaan,” ujarnya, Jumat (29/4/2022).

Kendati demikian, lanjut Rudi, pihak PDAM sedang berusaha dan meminta bantuan PLN untuk melakukan bypass atau jalan pintas aliran listrik sehingga mesin pompa bisa kembali berjalan sementara. Sehingga, distribusi air ke pelanggan bisa dilakukan sambil menunggu alat yang baru dipesan dan dipasang.

“Mudah-mudahan bisa diupayakan, sehingga masyarakat tidak putus air,” katanya.

Rudi meminta, PDAM segera menyelesaikan perbaikan secepatnya. Kalaupun tidak bisa, maka dapat memberikan solusi agar masyarakat tidak kekeringan air. Terlebih, kebutuhan air masyarakat pastinya meningkat karena sudah masuk cuti libur lebaran selama seminggu kedepan.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.