Penumpang Dumai Line 9 Overload, KSOP Sebut Jumlah Penumpang Masih Dibawah Kapasitas

Penumpang Dumai line 9 saat mau Berangkat dari Pelaabuhan SBP Tanjungpinang
Penumpang Dumai line 9 saat mau Berangkat dari Pelaabuhan SBP Tanjungpinang (Foto:Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang membantah adanya overload atau kelebihan penumpang kapal Kapal Ferry Dumai Line 9 (Grup Dumai Expres) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang pada Jumat (29/4/2022) pagi.

Kendati sebelumnya agen telah mengakui menjual tiket di atas kapasatitas bangku, Tetapi Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Kasi Lala) KSOP Tanjungpinang Simon Baon menyebut tidak menerima laporan dari anggotanya yang petugas pagi itu di pelabuhan.

“Berdasarkan data angkutan penumpang antar provinsi dan antar pulau masih dibawah kapasitas kapal. Kalau lebih real silahkan lihat datanya di posko,” kata Simon saat dikonfirmasi PRESMEDIA.ID, Sabtu (30/4/2022).

Simon juga berdalih, tren penumpang pada saat mudik lebaran 2022,  dibandingkan 2019 lalu mengalami penurunan, Namun mengenai angka dan jumlah riel perbandingan penurunan, dia tidak menyebutkan, dengan alasan ada di Posko.

Disinggung mengenai penjualan tiket yang dilakukan Agen di Pelabuhan, Simon beralasan jika saat itu terlihat ramai dikarenakan banyak pengantar dan penjemput warga yang mudik.

“Kita jauh-jauh hari sudah menegaskan ke operator kapal untuk tidak menjual tiket kapal melebihi kapasitas kapal,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapal Ferry Dumai Line 9 (Grup Dumai Expres) di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang overload atau kelebihan penumpang, Jumat (29/4/2022) pagi.

Ratusan penumpang tujuan Karimun, Siak dan Dumai berjejal di dalam kapal tanpa tempat duduk hingga ke bagian belakang.
Sejumlah petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang yang terlihat berjaga di pelabuhan pagi itu, seolah tidak peduli dan membiarkan. Demikian juga sejumlah Aparat dari TNI dan Kepolisian.

Agen Ferry Dumai Line dan Dumai Expres di Tanjungpinang Ayong mengakui, Saat itu pihaknya sudah tidak mau menjual tiket, karena memang kapasitas tempat duduk kapal sudah penuh.

Tetapi, karena sejumlah aparat ada yang mau mudik dan berangkat, hingga pihaknya diminta untuk menjual tiket kembali.

“Kami sebenarnya sudah tidak mau jual tiket lagi, Tapi tadi banyak aparat mau naik dan minta tiket, Makanya kami buka (jual) lagi,” kata Ayong saat ditemui di pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Ayong juga mengakui, Penumpang pemudik yang menggunakan Ferry Dumai Express dari pelabuhan Sri Bintan Pura tujuan, Karimun, Meranti, Siak dan Dumai itu, dalam tiga hari menjelang lebaran mengalami peningkatan, sementara armada kapal yang tersedia hanya satu dalam sehari.

“Sebenarnya Kapal Dumai Line ini juga sudah besar, dan kapal memang hanya satu sementara penumpang pemudik banyak,” ujarnya.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.