Libur Lebaran Kunjungan Wisman ke Bintan Melonjak Tingkat Hunian Hotel Capai 100 Persen

Panorama Pantaau di Kwasan Wisata Lagoi Bintan yang ramai dikunjungi Wisaman
Panorama Pantaau di Kwasan Wisata Lagoi Bintan yang ramai dikunjungi Wisaman (Foto:Istimewa) 

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (Wisnu) pada liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijrah (H) atau lebaran ke Bintan meningkat drastis.

Bahkan tingkat hunian penginapan di sejumlah hotel di Bintan mencapai 100 persen.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Dahlia Zulfa, mengatakan dari data yang diperoleh tingkat hunian penginapan di masa libur panjang lebaran saat ini meningkat. Baik di Kawasan Pariwisata Lagoi maupun Pantai Trikora.

“Tercatat dari 30 April-5 Mei 2022 tingkat hunian ada yang mencapai 100 persen,” ujar Dahlia Kamis (5/5/2022) kemarin.

Sejumlah hotel yang tingkat hunian 100 persen atau full itu antara lain, Cassia Bintan, Banyan Tree Bintan, Madu Tiga, Holiday Villa Pantai Indah, Natra, dan Anmon.

Sedangkan kawasan hotel dan penginapan lain, Bintan Pearl dan Agro, Bintan Beach Club, One Of A Kind, Grand Lagoi, Ria Bintan Golf Lodge, Marjoly, dan Mayang Sari Beach Resort mencapai 50-90 persen lebih.

“Rata-rata wisatawan yang berkunjung adalah Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara. Mereka menginap untuk mengisi hari libur. Sejumlah reservasi hotel juga mengatakan, pada akhir pekan akan lebih banyak lagi yang berkunjung,” jelasnya.

Kunjungan Wisman Luar Negeri ke Bintan Hanya Tes Antigen

Meningkatnya kunjungan wisman luar negeri ke Bintan, diakui  Dahlia, tidak terlepas dari kemudahan kedatang yang diberikan Pemerintah. Dimana wisman dari Luar yang datang dan berkunjung ke Bintan hanya tes antigen saja.

“Dengan kemudahan ini, Wisman dari Singapura dan Malaysia lebih mudah datang menikmati keindahan alam di Kabupaten Bintan,” sebutnya.

Meskipun saat ini masih pandemi covid-19, Dahlia berharap sektor pariwisata Bintan dapat kembali bangkit sebagaimana sebelumnya, Karena dengan kebangkitan itu, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat juga ikut bangkit.

“Kalau wisman sebagian besar berasal dari Singapura dan Malaysia. Bahkan ada yang stay 3-4 hari di penginapan. Semoga setiap pekannya seperti ini,” ujarnya berharap.

Penulis:Hasura
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.