Rapat Kerja APPSI 2022 Fokus ke Pemulihan Ekonomi dan Kolaborasi Inovasi

Wakil presiden RI Ma'aruf Amin saat memebri amanah pada Rapat Kerja APPSI 2022 Fokus ke Pemulihan Ekonomi dan Kolaborasi Inovasi di Bali
Wakil presiden RI Ma’aruf Amin saat memebri amanah pada Rapat Kerja APPSI 2022 Fokus ke Pemulihan Ekonomi dan Kolaborasi Inovasi di Bali (Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Bali – Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad menghadiri rapat kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022 di hotel Discovery Kartika Plaza Bali.

Acara rapat kerja APPSI 2022 yang berlangsung selama tiga hari ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin dan dihadiri ketua APPSI Anies Baswedan yang juga Gubernur DKI Jakarta. Pada kesempatan itu juga hadir sejumlah Menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf serta seluruh Gubernur se-Indonesia.

Adapun tema yang dikedepankan dalam Raker kali ini adalah “Peran Pemerintah Provinsi Untuk Kesinambungan Pembangunan Daerah dan Nasional”.

Pada kesempatan itu, juga dibahas tentang penetapan program kerja dan rekomendasi pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pemerintahan yang saat ini terdapat beberapa regulasi perubahan terutama di daerah sehingga daerah mendapat tantangan baru atas perubahan regulasi tersebut.

Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih atas sejumlah masukan dan berbagai usulan dari daerah yang diakomodir dalam setiap pertemuan.
“Sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah harus diperkuat sesuai konsep otonomi daerah dalam mendukung rencana strategis nasional,” ujarnya.

Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad yang hadir dalam acara mengatakan, jika dalam sambutannya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menekankan pada pembangunan berkelanjutan agar dapat memakmurkan daerah dan generasi di masa depan.

Daerah, harus diberi kewenangan dalam otonomi daerah untuk melaksanakan pembangunan kebijakan dengan menyatukan aspirasi rakyat.

“Penekanannya jelas, Pemerintah harus dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak swasta dalam membangun. Kemudian melakukan berbagai inovasi serta anggaran harus fokus pada hasil,” kanata Gubernur Ansar.

Hal yang lebih penting lanjut Ansar, Pemerintah juga menekankan pada program pemulihan ekonomi pasca pandemi, dengan melaksanakan APBD secara tepat dan cepat agar terserap.

Semuanya lanjut Ansar juga dibahas, termasuk seruan bangga dengan produk-produk dalam negeri sebagai upaya menghidupkan produksi lokal agar berkembang. Keberpihakan pada pelaku UMKM melalui kredit perpajakan dan teknologi digital.

“Pemerintah provinsi, juga diminta untuk melakukan reformasi ¬†birokrasi secara transparan dan penyelenggaraan mall pelayanan publik dalam mendukung penguatan penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujarnya.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.