Ini Mekanisme dan Sanksi Bagi Kepala Kantor BPN Jika Berbuat Bohong Dalam Pendaftaran Tanah

Pegawai BPN Tanjungpinang saat melakukan Proses Pengukuran dan pengembalian Tapal Batas dalam kasus dugaan mafia tanah di kota Tanjungpinang
Pegawai BPN Tanjungpinang saat melakukan Proses Pengukuran dan pengembalian Tapal Batas dalam kasus dugaan mafia tanah di kota Tanjungpinang (Foto:Roland/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pendaftaran tanah untuk pertama kali adalah kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan terhadap objek tanah yang belum didaftar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1961 tentang Pendaftaran Tanah.

Pendaftaran Tanah untuk pertama kali sesuai dengan PP nomor 24 tahun 1997 dilakukan dengan  pengumpulan dan penentuan kebenaran data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa obyek pendaftaran tanah untuk keperluan pendaftarannya.

Kegiatan pendaftaran tanah tanah untuk pertama sebagaimana yang diamanatkan PP nomor 24 tahun 1997 dilaksanakan dengan pengumpulan dan pengolahan data fisik, pembuktian hak dan pembukuannya, Penerbitan sertifikat, penyajian data fisik dan data yuridis, serta penyimpanan daftar umum dan dokumen.

Pelaksanaan Pendaftaran Tanah untuk pertama kali, dilaksanakan melalui pendaftaran tanah secara sistematik dan pendaftaran tanah secara sporadik atau perorangan.

Jika pendaftaran tanah secara sistematik didasarkan pada suatu rencana kerja dan dilaksanakan di wilayah-wilayah yang ditetapkan oleh Menteri, maka pendaftaran tanah juga dapat dilaksanakan melalui pendaftaran tanah secara sporadik jika suatu desa belum ditetapkan sebagai wilayah pendaftaran tanah secara sistematik.

“Pendaftaran tanah secara sporadik dilaksanakan atas permintaan pihak yang berkepentingan (Perorangan-red),” sebagaimana bunyi ayat 4 PP nomor 24 tahun 1997.

Pendaftaran tanah sendiri, diawali dengan pengumpulan dan Pengolahan data fisik melalui pengukuran dan pemetaan oleh BPN. Dan untuk keperluan pengumpulan dan pengolahan data fisik dilakukan kegiatan pengukuran dan pemetaan.

Kegiatan pengukuran dan pemetaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pasal 14 PP ini, dilakukan oleh BPN melalui, a.Pembuatan peta dasar pendaftaran, b.Penetapan batas bidang-bidang tanah,  c.Pengukuran dan pemetaan bidang-bidang tanah dan pembuatan peta pendaftaran, d.pembuatan daftar tanah dan e. pembuatan surat ukur.

Pembuatan Peta Dasar Pendaftaran secara sistematik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (1) PP 24 tahun 1997 dimulai dengan pembuatan peta dasar pendaftaran. Selanjutnya, Jika di suatu daerah tidak ada atau belum ada titik-titik dasar teknik nasional, dalam melaksanakan pengukuran untuk pembuatan peta dasar pendaftaran, dapat digunakan titik dasar teknik yang bersifat sementara, yang kemudian dikaitkan dengan titik dasar teknik nasional.

Untuk memperoleh data fisik yang diperlukan bagi pendaftaran tanah, bidang-bidang tanah yang akan dipetakan diukur, ditetapkan letaknya,  atas-batasnya dan menurut keperluannya ditempatkan tanda-tanda batas di setiap sudut bidang tanah yang bersangkutan.

Penataan Batas Berdasarkan Kesepakatan Para Pihak Berkepentingan

Dalam penetapan batas bidang tanah pada pendaftaran tanah secara sistematik dan pendaftaran tanah secara sporadik, diupayakan penataan batas berdasarkan kesepakatan para pihak yang berkepentingan.

“Penempatan tanda-tanda batas termasuk pemeliharaannya, wajib dilakukan oleh pemegang hak atas tanah yang bersangkutan yang selanjutnya, bentuk, ukuran, dan teknik penempatan tanda batas ditetapkan oleh Menteri,” kata pasal 17 PP ini.

Pada Pasal 18 PP Pendaftaran Tanah ini juga ditegaskan,  Penetapan batas bidang tanah yang sudah dipunyai dengan suatu hak yang belum terdaftar atau sudah terdaftar tetapi belum ada surat ukur/gambar situasinya atau surat ukur/gambar situasi yang ada tidak sesuai lagi dengan keadaan yang sebenarnya, dilakukan oleh Panitia Ajudikasi dan pendaftaran tanah secara sistematik dan Kepala Kantor Pertanahan dalam pendaftaran tanah secara sporadik, berdasarkan penunjukan batas oleh pemegang hak atas tanah yang bersangkutan dan sedapat mungkin disetujui oleh para pemegang hak atas tanah yang berbatasan.

Penetapan batas bidang tanah yang akan diberikan dengan hak baru,dilakukan sesuai ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) atau atas penunjukan instansi yang berwenang. Kemudian, persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dituangkan dalam suatu berita acara yang ditandatangani oleh mereka yang memberikan persetujuan.

Pendaftaran Peralihan Dan Pembebanan Hak sebagaimana Pasal 37 Bagian Kedua menyatakan, Dalam keadaan tertentu sebagaimana yang ditentukan oleh Menteri, Kepala Kantor Pertanahan dapat mendaftar pemindahan hak atas bidang tanah hak milik, yang dilakukan di antara perorangan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan akta yang tidak dibuat oleh PPAT, Tetapi yang menurut Kepala Kantor Pertanahan tersebut kadar kebenarannya dianggap cukup untuk mendaftar pemindahan hak yang bersangkutan.

Selanjutnya, Peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, buku tanah, daftar nama dan dokumen-dokumen yang merupakan alat pembuktian yang telah digunakan sebagai dasar pendaftaran, diberi tanda pengenal dan harus disimpan di kantor Pertanahan atau di tempat lain yang ditetapkan oleh Menteri, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari daftar umum.

Selanjutnya, untuk keperluan hukum, dengan izin tertulis dari Menteri atau Pejabat yang ditunjuknya, dokumen Peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, buku tanah, daftar nama dan dokumen-dokumen yang merupakan alat pembuktian yang telah digunakan sebagai dasar pendaftaran dapat diberikan petikan, salinan atau rekaman dokumen kepada instansi lain memerlukan untuk pelaksanaan tugasnya.

Saksi Kepada Kepala Kantor BPN

Sementara terhadap Kepala Kantor Pertanahan yang dalam melaksanakan tugasnya mengabaikan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini dan ketentuan dalam peraturan pelaksanaannya serta ketentuan-ketentuan lain dalam pelaksanaan tugas kegiatan pendaftaran tanah dikenakan sanksi administratif sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.