Bawaslu Bintan Segera Rekrut Panwascam dan PPL Dengan Gaji Rp3 Juta Lebih

Ketua Bawaslu Bintan Ondi Dobi Susanto
Ketua Bawaslu Bintan Ondi Dobi Susanto (Foto:Hasura/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Bintan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bintan akan segera merekrut tenaga edhock untuk mengawasi tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. Rekrutmen direncanakan akan mulai dilakukan pada Oktober-Desember 2022.

Ketua Bawaslu Bintan Ondi Dobi Susanto, mengatakan edhock yang direkrut Bawaslu Bintan itu adalah panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan panitia pengawas lapangan (PPL).

“Untuk panwascam perekrutannya dimulai pada Oktober 2022 sementara PPL dimulai pada Desember 2022,” ujar Ondi Sabtu (14/5/2022).

Untuk petugas Panwascam juga dibutuhkan 30 orang yang diperuntukan di 10 kecamatan. Jadi masing-masing kecamatan akan diisi 3 orang yang terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota.

Sementara petugas PPL yang dibutuhkan sebanyak 51 orang untuk seluruh desa dan kelurahan se-Kabupaten Bintan. Setiap desa dan kelurahan akan diisi 1 petugas PPL.

“Mereka akan diseleksi secara ketat. Sehingga menghasilkan petugas-petugas pengawas yang andal dan bertanggungjawab,” jelasnya.

Terkait gaji head hock, kata Ondi, memang belum ada angka pastinya. Begitu juga petunjuk teknisnya belum keluar dari Bawaslu RI. Namun jika dilihat dari Draf KPU Bintan, mereka mengusulkan kenaikan berkisar 50-100 persen.

Maka dengan dasar itu juga dilakukan kenaikan gaji pada head hock Bawaslu Bintan. Estimasi kenaikan gajinya juga dikisaran 50-100 persen dari Pilkada 2020 lalu.

“Kemarin gaji mereka Rp 1,9 sampai dengan Rp 2,1 juta. Jika estimasinya 50-100 persen maka gaji mereka bisa mencapai Rp 3 juta,” katanya.

Selain panwascam dan PPL, Bawaslu Bintan juga akan merekrut petugas pengawas TPS. Namun pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU Bintan terkai jumlah TPS yang ditetapkan. Apabila sudah ditetapkan maka 1 bulan sebelum jadwal pencoblosan pihaknya mulai merekrut petugas tersebut.

“Kalau tahun lalu 353 TPS jadi 353 petugas juga yang kita rekrut. Begitu juga dengan pilkada 2024 mendatang apabila jumlahnya sudah ditetapkan maka kita akan rekrut sesuai jumlah TPS-nya,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.