Apri Sujadi Divonis Inkrah Korupsi, Pemkab Bintan Belum Ajukan Pelantikan Bupati Pengganti Definitif

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Kabupaten Bintan, belum mengusulkan pergantian dan pelantikan Bupati definitif pasca Bupati non aktif Apri Sujadi divonis Inkrah karena Korupsi.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, juga mengakui belum menerima usulan pengangkatan Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan sebagai Bupati definitif sisa masa jabatan 2021-2024.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, mengatakan sesuai dengan aturan, pihaknya di Pemprov Kepri hanya menunggu usulan dan verifikasi dokumen pengangkatan yang diusulkan Kabupaten. Kemudian, meneruskan usulan tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Belum ada diusulkan, kita serahkan prosesnya ke pemerintah Kabupaten, Karena kita di Provinsi sifatnya hanya menunggu,” ujarnya saat ditemui usai paripurna Laporan BPK-RI di Gedung DPRD Kepri, Pulau Dompak, Jumat (20/5/2022) kemarin.

Sesuai dengan mekanisme lanjut Ansar, Pemberhentian dan usulan pengangkatan Bupati dan wakil Bupati, diajukan oleh Pemerintah dan DPRD. Maka dengan kondisi itu, seharusnya Pemerintah dan DPRD Bintan yang lebih proaktif.

“Kita tunggu saja, mungkin masih proses dari pihak mereka,” katanya.

Sebagaimana diketahui, majelis Hakim PN Tipikor Tanjungpinang memvonis 5 tahun Bupati non aktif terdakwa Apri Sujadi atas korupsi pengaturan peredaran barang kena cukai berupa rokok dan minuman alkohol dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan tahun 2016-2018.

Atas putusan ini, Terdakwa Apri Sujadi dan Kuasa Hukumnya, tidak menyatakan upaya hukum Banding, hingga putusan PN atas terdakwa dinyatakan Inkrah atau berkekuatan Hukum tetap.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.