Selama Ramadhan, Baznas Kepri Himpun Zakat Sebesar Rp 1,016 Miliar

Ketua Baznas Kepri , Arusman Yusuf. (Foto : Ismail-presmedia.id)
Ketua Baznas Kepri , Arusman Yusuf. (Foto : Ismail-presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri telah menghimpun zakat dan sedekah sebanyak Rp 1,016 miliar selama April 2022 lalu. Total tersebut terdiri dari, zakat maal dan profesi sebesar Rp 827,5 juta , Zakat fitrah Rp 82,7 juta , infak program ramadhan Rp 47,7 juta , infak sedekah tidak terikat Rp 46,3 juta, dan dana sosial keagamaan lainnya sebesar Rp 12,5 juta.

Ketua Baznas Kepri , Arusman Yusuf, mengatakan jumlah Rp 1,016 miliar itu dihimpun selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Dari jumlah tersebut pihaknya telah menyalurkan dana zakat fitrah dan sedekah kepada para mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat.

“Alhamdulillah sebelum lebaran kemarin, kita sudah salurkan dana zakat fitrah dan sedekah kepada umat yang berhak,” ujarnya di Tanjungpinang.

Ia menerangkan, untuk dana zakat Mall dan profesi akan segera Baznas salurkan secepatnya sesuai dengan program yang telah dilakukan. Mulai dari program pendidikan, kesehatan, sosial hingga ekonomi.

Menurut Arusman, total penerimaan zakat yang diperoleh selama Ramadan tersebut masih jauh dari target sebesar Rp 2,6 miliar. Namun demikian, kondisi itu dapat dipahami karena perekonomian Kepri saat ini baru mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Kenapa kita Targetkan segitu, karena sebelum pandemi penerimaan zakat kita saat Ramadhan sempat menyentuh angka Rp 3,4 miliar. Namun, dengan jumlah yang dihimpun saat ini pun kita syukuri,” kata Arusman.

Kendati demikian, dirinya sangat berterimakasih kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baznas Kepri untuk menghimpun zakat hartanya.

“Amanah ini akan kami salurkan kepada orang-orang yang berhak dan membutuhkan,” sebut Arusman.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.