Libatkan 2 IRT, Polres Tanjungpinang Tangkap 5 Kurir dan 719 Gram Sabu Yang Dikendalikan Napi Lapas

Kapolres Tanjungpinang AKBP.Heribertus Ompusunggu dan Kasi Humas, bersama KPL Lapas., saat menggelar Ekspose penangkapan 2 IRT dan 3 tersangka Kurir Narkoba 719 Gram Sabu yang Dikendalikan Napi Lapas (Foto:Roland/Presmedia.id)
Kapolres Tanjungpinang AKBP.Heribertus Ompusunggu dan Kasi Humas, bersama KPL Lapas., saat menggelar Ekspose penangkapan 2 IRT dan 3 tersangka Kurir Narkoba 719 Gram Sabu yang Dikendalikan Napi Lapas (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Libatkan dua Ibu Rumah Tangga (IRT), Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan 5 pengedar dan kurir Narkoba, yang dikendalikan seorang Napi dari Lapas Umum Kelas IIA Tanjungpinang.

Selain mengamankan 5 pelaku, Polisi juga mengamankan 719,27 Gram Narkoba jenis sabu sisa jualan 4 kurir.

Ke 5 pelaku terdiri dari dua orang IRT, tersangka Ta, Ms. Tiga pria tersangka Tn dan Dp serta napi Lapas Kelas II A Tanjungpinang berinisial F sebagai pengendali.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Heribertus Ompusunggu mengatakan, penangkapan 5 pelaku narkoba bersama Barang bukti Sabu 719.27 Gram ini dilakukan atas informasi yang diperoleh.

“Penangkapan terhadap pelaku berawal dari pengamanan tiga pelaku Ta, Ms, Tn di ruko Jalan Kijang Lama Kelurahan Melayu Kota Piring, pukul 16.00 WIB, Senin(16/5/2022),” ujarnya dalam pressrillis di Polresta Tanjungpinang, Selasa (24/5/2022).

Ketiga pelaku lanjutnya, diamankan di lantai 2 ruko, bersama barang bukti Sabu sebanyak 18 paket dengan berat 219,27 gram.

Dari hasil pemeriksaan tersangka Ta lanjutnya, barang haram Narkoba Sabu itu diperoleh dan diambil atas perintah salah seorang Napi inisial F di Lapas Tanjungpinang.

“Kemudian anggota langsung melakukan koordinasi bersama petugas Lapas Tanjungpinang untuk melakukan penggeledahan di dalam sel. Dari tangan F ditemukan satu unit handphone sebagai alat komunikasi dalam mengendalikan narkoba dan sejumlah tersangka di luar Sel,” ujarnya.

Dari barang bukti Handphone yang disita dari F, ditemukan bukti bahwa Napi tersebut telah menghubungi dan memerintahkan Dp untuk mengambil dan mengantarkan (Kurir) Sabu tersebut diluar.

“Atas informasi itu, selanjutnya kami lakukan penangkapan terhadap pelaku Dp, di jalan DI Panjaitan Km 7 Kota Tanjungpinang pada Selasa (17/5/2022) Sore,” ujarnya.

Dari tangan Dp juga ditemukan Sabu 500 gram yang dibungkus plastik teh cina. Sehingga berat total barang bukti yang diamankan seluruhnya 719,27 gram.

Atas perbuatan nya tegas Kapolres Heribertus, ke 5 tersangka dijerat dengan pasal berlapis memiliki dan mengedarkan Narkoba jenis Sabu sebagaimana pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 112 ayat 2 dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau pidana mati.

“Atas penangkapan ini, kami juga masih terus melakukan pengembangan, atas peredaran dan perolehan Narkoba ini,” ujarnya.

IRT Tersangka Ta Diiming-imingi Imbalan Rp 10 juta

Sementara itu, salah satu tersangka Ibu Rumah Tangga inisial Ta, mengaku nekat menjadi kurir sabu yang disuruh Napi F, karena diiming-imingi upah dan imbalan Rp 10 juta.

Awalnya kata Ta, Napi Narkoba F yang ditahan di Lapas Umum Kelas IIA Tanjungpinang Km 18 Bintan itu, sering memesan makan kepadanya.

Ta juga mengaku sempat menemui F di Lapas Km 18 untuk mengantarkan pesanan makanan.

Dari pemesanan itu, selanjutnya F meminta Ta untuk mengambil dan mengantarkan barang yang bentuk, lokasi dan tempatnya ditentukan F.

Tersangka Ta mengaku, baru sekali mengambil dan mengantarkan barang haram Narkoba sabu sesuai yang diperintahkan Napi F.

Dari Rp 10 juta uang yang dijanjikan akan diperoleh, Ta mengaku baru menerima Rp 3 juta

“Saya kenal karena F sering pesan makanan, baru kenal awal tahun ini dan baru sekali diperintahkan,” kata Ta yang mengaku memiliki dua orang anak ini.

Penulis: Roland
Editor. : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.