Kebutuhan Hewan Kurban di Kepri Akan Dikirimkan dari Lampung dan Bali

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto : Ismail/presmedia.id)
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto : Ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengizinkan pengiriman sapi dari provinsi lain untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah pada Juli 2022 mendatang.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat edaran (SE) atas diperbolehkannya kabupaten/kota mendatangkan hewan ternak sapi dan kambing dari daerah lain. Namun, yang bebas dari penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Supaya mereka (kabupaten/kota) bisa mendatangkan sapi dari daerah manapun. Kita prioritaskan dari Lampung, kalau tidak dari Bali,” ujarnya di Tanjungpinang, Senin (23/5/2022).

Menurut Ansar, Pelonggaran aturan ini juga merujuk pemerintah pusat yang membuka peluang bagi Provinsi yang belum terkena wabah PMK untuk mendistribusikan hewan ternaknya.

Hanya saja, yang harus diperhitungkan adalah jalur pengirimannya jangan sampai melewati daerah yang sudah terserang wabah tersebut.

“Makanya, kita juga haru menggunakan jalur langsung. Seperti dari Provinsi Lampung langsung dari jalur laut, sehingga tidak perlu melewati Provinsi Jambi,” ucapnya.

Namun demikian, lanjutnya, bagi kabupaten/kota yang persediaan hewan kurbannya sudah surplus, seperti Natuna dan Anambas, tidak perlu lagi mendatangkan sapi dari luar.

Selain itu, Ansar juga memastikan, hingga saat ini wilayah Provinsi Kepri masih aman dari wabah PMK. Meski demikian, ia tetap meminta OPD terkait bersama instansi vertikal terkait tetap mengawasi perkembangannya, sehingga wabah yang menyerang hewan ternak tersebut tidak masuk ke wilayahnya.

“Kita masih hijau dan aman. Mudah-mudahan tidak sampai kesini,” demikian Ansar.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan (DKPKH) Provinsi Kepri, Rika Azmi, menyampaikan data dari kabupaten/kota untuk Idul Adha tahun 2021 yang lalu, jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 7.465 ekor hewan baik sapi, kambing, dan domba.

“Sedangkan sampai saat ini ketersediaan hewan qurban di Kepri sebanyak 5.708 ekor. Dimana berkaca dari tahun lalu, tentu masih ada kekurangan. Inilah yang akan kita carikan solusi terhadap pemenuhan kebutuhan hewan kurban tahun ini,” sebut Rika.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.