Sebanyak 130 PMI Deportasi Malaysia Dipulangkan Ke Kampung Halaman

Sebanyak 130 PMI Deportasi Malaysia Dipulangkaan Ke Kampung Halaman
Sebanyak 130 PMI Deportasi Malaysia Dipulangkaan Ke Kampung Halaman (Foto:Hasura/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sebanyak 130 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dideportasi dari Malaysia, dipulangkan ke Kampung halamanya wilayah Timur dan Jawa, menggunakan Km.Kelud Dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang Kamis (26/5/2022) dini hari.

Ke 130 PMI ini, merupakan PMI yang sebelumnya telah melakukan Karantina paca deportasi Malaysia, di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang.

Kepala Seksi Perlindungan PMI Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Tanjungpinang Darman Sagala, mengatakan ke 130 PMI yang dipulangkan itu terdiri dari 87 laki-laki dewasa, 36 perempuan dewasa dan 6 anak-anak serta seorang bayi.

“Mereka berangkat dengan menggunakan KM Kelud ke Tanjung Priok Jakarta dan selanjutnya ke Daerah Timur,” ujar Darman.

Sementara dua laki-laki dewasa asal Jawa dan NTB dengan usia 40 tahun lanjut Darman, saat ini masih menjalani karantina di Shelter BP2MI Tanjungpinang karena kondisinya sedang sakit.

“Kedua PMI Lansia itu, mengalami sakit kulit gatal-gatal,” sebutnya.

Darman juga mengatakan, pada Rabu (25/5/2022) siang, sebanyak 138 PMI, juga baru dideportasi dari Malaysia dan baru tiba Tanjungpinang.

Ke 138 PMI itu, berangkat dari Malaysia dengan menumpangi Ferry MV.Citra 99 sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba di Tanjungpinang sekitar pukul 12.00 WIB.

Ke 138 PMI yang dideportasi dari Malaysia itu, terdiri dari 87 orang laki-laki dewasa, 38 orang perempuan dewasa, 11 orang anak-anak 11 dan 2 orang bayi.

Dari total tersebut, kata Darman, sebanyak 136 orang menjalani karantina di RPTC Tanjungpinang dan 2 orang PMI perempuan dewasa menjalani karantina di Shelter BP2MI Tanjungpinang.

“Setelah nanti menjalani Karantina, Mereka juga akan diberangkatkan ke kampung halaman. Namun untuk jadwalnya dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.