Tarif Pompong ke Penyengat Naik Rp1000 per Juni 2022

Anteriaan pengunjung berjejer di Pelabuhaan Rakayat Kota Tanjungpinang mau menyeberang ke Pulau Penyengaat dengan lama perjalanan dari Tanjuyngpinang sekatar 10 Menit mengunakan Pompong (Perahu)
Antrian pengunjung berjejer di Pelabuhaan Rakayat Kota Tanjungpinang mau menyeberang ke Pulau Penyengat dengan lama perjalanan dari Tanjungpinang sekitar 10 Menit mengunakan Pompong (Perahu).(Foto : Dok/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Tarif kapal pompong dari Tanjungpinang ke Penyengat akan naik Rp 1000,- pada 1 Juni 2022.

Kenaikan tarif/ongkos transportasi laut ini, dilakukan operator (Penambang-red) dan disetujui Dinas perhubungan berdasarkan kesepakatan bersama dengan pihak Jasa Raharja.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, mengatakan kenaikan tarif/ongkos pompong itu melalui berbagai pertimbangan dengan pihak pemilik kapal dan Jasa Raharja.

“Hingga disepakati kenaikan Rp.1000 rupiah, dengan catatan termasuk asuransi jasa raharja penumpang dan pengemudi kapal pompong. Kenaikan akan mulai berlakukan Juni 2022,” ujarnya di Tanjungpinang Sabtu (28/5/2022).

Dengan kenaikkan ini, maka uang tambang (tarif ongkos) Pompong Tanjungpinang-Penyengat dan sebaliknya pada Pelajar dan Mahasiswa Rp 5 ribu sebelumnya, akan menjadi Rp 6 ribu. Sementara, untuk masyarakat umum atau wisatawan dari Rp 7 ribu sebelumnya naik menjadi Rp 8 ribu.

Menurut Bambang, saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi terhadap tarif baru tersebut. Hal itu mengantisipasi agar masyarakat tidak kaget dengan pemberlakuan tarif baru itu awal Juni 2022 nanti.

“Kita sudah pasang pamflet, himbauan melalui media sosial, pemberitaan di media massa serta lurah dan camat setempat,” ucapnya.

Ia mengakui, memang tarif untuk warga yang asli Penyengat lebih murah dibandingkan dengan wisatawan dan masyarakat umum. Itu dikarenakan warga lokal dinilai lebih sering menggunakan alat transportasi itu supaya tidak terlalu memberatkan.

“Harapan kita tarif Pompong ini akan berjalan dengan baik karena kebaikannya juga tidak begitu tinggi,” paparnya.

Bambang juga mengatakan, dengan kenaikan ini, sebanyak 66 Pompong serta setiap penumpang dari Tanjungpinang ke Penyengat, seluruhnya sudah terlindungi dengan Jasaraharja.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.