Presiden Ajak Seluruh Elemen Bangsa Aktualisasikan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan diikuti wakil Presiden serta pejabat lain secara onilne
Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan diikuti wakil Presiden serta pejabat lain secara onilne Rabu (1/6/2022) (Foto: setkab.go.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh komponen dan elemen bangsa, untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal itu disampaikan Presiden saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu (01/06/2022).

“Hari ini, 1 Juni 2022, kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri bangsa, merencanakan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” ujarnya sebagaiman dikutip dari setkab.go.id, Rabu (1/6/2022).

Dari Kota Ende lanjut Presiden,  Dia mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta. Dalam upacara kali ini, Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala dan Ibu Iriana Jokowi juga tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

Kepala negara menyampaikan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia tetapi juga telah menjadi bintang penuntun ,ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujarnya.

Presiden pun kembali mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila dengan mewujudkankan dalam  kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Pancasila harus diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

Kepada seluruh pimpinan bangsa, Kepala Negara juga mengajak untuk menjadi teladan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.
“Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” pungkasnya.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.