Kemenparekraf Sandiaga Uno Dukung Industri Ekonomi Kreatif Dengan Semangat 3G di Kepri

Kemenparekraf RI Sandiaga Uno Sandiaga Uno saat meninjau proses Shooting Film terbaru produksi Nongsa Digital Park di Gedung Kinema Studio Batam
Kemenparekraf RI Sandiaga Uno Sandiaga Uno saat meninjau proses Shooting Film terbaru produksi Nongsa Digital Park di Gedung Kinema Studio Batam (Foto:Humas-Kepri) 

PRESMEDIA.ID, Batam – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Sandiaga Uno mengatakan, sangat mendukung Industri Ekonomi  Kreatif dan siap all out dalam mendukung tumbuh dan kembangnya industri ekonomi kreatif di Tanah Air.

Hal itu dikatakan Sandiaga Uno saat meninjau proses Shooting Film terbaru produksi Nongsa Digital Park di Gedung Kinema Studio Batam Selasa (31/5/2022).

“Di Gedung Kinema Studio Nongsa Digital Park  ini kami melihat secara langsung kegiatan ekonomi kreatif  produksi film dari Singapura dan juga  film yang berjudul Losmen Melati yang lagi dalam proses shooting karya Pak Mike. Kegiatan ini sangat berdampak langsung pada kebutuhan masyarakat kita yaitu lapangan kerja dan geliat ekonomi,” jelasnya.

Dilihat sumbangsihnya  sektor Industri Ekonomi  Kreatif Ini telah mencapai lebih dari 100 Triliun terhadap PDB Indonesia.

Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa lanjut Sandiaga Uno, menjadi 1 dari 8 KEK yang ada dibawah Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif dan setiap 2 minggu terus dipantau akselerasi, kemajuan, dan progresnya.

Saat inipun Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia, nomor satu Amerika dengan Hollywood, nomor dua Korea dengan drama korea dan ketiga Indonesia. Dan di KEK Nongsa ini terdapat beberapa subsektor ekonomi kreatif yaitu Animasi film, aplikasi digital dan game development.

“Kami dorong inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat 3G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap semua potensi Online), untuk menghadirkan kebangkitan ekonomi digital sehingga terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad, kembali menegaskan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus mendukung perkembangan KEK di wilayah Provinsi Kepri dan berharap Nongsa Digital Park semakin terkenal di dunia Internasional sehingga dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di daerah.

“Pemprov Kepri akan terus mendukung Nongsa Digital semakin mendunia, Nongsa Digital Park menjadi kebanggaan kita, Nongsa berhasil ekonomi bangkit,” ujar Gubernur Ansar.

Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ini juga dimanfaatkan oleh

Kepada Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno, Ansar juga menyampaikan beberapa hambatan daerah dalam meningkatkan kunjungan Wisata di Kepri.

Salah satunya adalah, terkait dengan belum dibukanya akses transportasi laut di sejumlah negara tetangga Singapura dan Malaysia ke Kepri. Demikian juga mengenai mahalnya biaya Asuransi bagi Wisman yang akan datang ke Indonesia.

Atas hal itu, Sandiaga uno mengatakan, sejumlah Point tersebut akan menjadi bahan yang akan disampaikan dalam pertemuan bilateral Indonesia dengan Singapura.

“Saya akan sampaikan dalam pertemuan bilateral yang akan kami lakukan besok. Dari segi penambahan jadwal ferry dan lebih banyak terminal yang dibuka sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan, kalau jumlah kunjungan bertambah maka harga tiket bisa diturunkan,” ujarnya.

Demikian juga terkait asuransi, akan dikoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait, dengan harapan dalam waktu dekat ini akan segera ada keputusan akhir.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.