Dapat Penghargaan, Ansar Beber Strateginya Percepat Realisasi Belanja APBD Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menerima Pengharagaan Daerah Tertinggi Realisasi Belanja APBD-nya di 2021 dari mendagri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menerima Pengharagaan Daerah Tertinggi Realisasi Belanja APBD-nya di 2021 dari mendagri (Foto:Humas-Kepri) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Berhasil merealisasikan penggunaan belanja APBD tertinggi se-Indonesia tahun 2021. Gubernur Kepri Ansar Ahmad membeberkan sejumlah strategis yang dilakukan dalam mempercepat penyerapan realisasi anggaran APBD Kepri.

Ansar mengatakan, APBD sebagai dana simultan dan Intensif ekonomi, harus dapat menstabilkan perekonomian daerah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan.

Dengan fungsi itu, APBD harus memperkuat aspek Perencanaan, Penganggaran dan Pelaksanaan APBD dalam mencapai target kinerja  pembangunan yang berkesinambungan dan membawa manfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Kemudian mempercepat penyelesaian administrasi kegiatan seperti penyerahan DPA lebih awal, kemudian penunjukan pejabat pengelola keuangan seperti PA,KPA,PPTK, Bendahara Penerimaan/Bendahara Penerimaan Pembantu, Bendahara Pengeluaran/ Bendahara Pengeluaran Pembantu, PPK-SKPD dan lainnya.

“Saya juga selalu menekankan pada jajaran OPD, agar terus meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran dengan cara mempercepat proses pengadaan barang dan jasa, atau lakukan lelang dini, terutama untuk pekerjaan fisik. Hal itu dilakukan agar setiap kegiatan yang telah dialokasikan di APBD selesai dengan tepat waktu,” ujar Ansar di Jakarta.

Strategi lainnya yang disampaikan oleh Ansar adalah dengan mempercepat penyaluran anggaran melalui pembayaran pekerjaan secara terjadwal dan sesuai tahapan pembayaran (termin) pembayaran berdasarkan progres pekerjaan.

Kemudian percepatan penyelarasan SIPD dengan menyesuaikan proses penganggaran dan penatausahaan berbasis SIPD yang di asistensi oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Sebisa mungkin, kita meminta agar tidak ada  OPD yang melaksanakan kegiatan-kegiatannya di Penghujung tahun, Terutama OPD yang memiliki kegiatan-kegiatan pekerjaan fisik,” tegasnya.

Yang terpenting lanjut Gubernur, pelaksanaan rapat evaluasi juga dilakukan secara rutin dan berkala terhadap pelaksanaan APBD yang dilaksanakan Oleh OPD, sehingga jika ada kendala dalam pelaksanaannya, bisa segera dicarikan solusi secara cepat.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.