Simulasi Latopshantai 2022, Pasukan Lantamal IV Ledakan Musuh Di Pulau Gasing

Pasukan Lantamal IV Tanjungpinang saat menghalau dan menghancurkan Musuh di Pulau Gasing dalam latihan Simulasi Operasi Pertahanan Pantaib (Latopshantai) 2022.
Pasukan Lantamal IV Tanjungpinang saat menghalau dan menghancurkan Musuh di Pulau Gasing dalam latihan Simulasi Operasi Pertahanan Pantaib (Latopshantai) 2022.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Cegah pasukan militer musuh menerobos Perairan Bintan pasukan Lantamal IV Tanjungpinang Lumpuhkan Musuh dengan Meriam Pantai Gasing Pulau Dompak Tanjungpinang, Kamis (9/6/2022).

Peledakan musuh ini, menjadi bagian dari simulasi latihan Operasi Pertahanan Pantai(Latopshantai) 2022 yang dilaksanakan prajurit TNI AL dengan menggunakan penembakan jarak jauh alutsista meriam pertahanan Pantai.

Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Wadan Lantamal) IV Tanjungpinang Kolonel (Mar) Andi Rahmat M mengatakan bahwa skenario latihan ini pasukan militer musuh berhasil menerobos dari perairan Bintan menuju Pantai Gasing, Dompak.

Pasukan militer musuh lanjut Andi, datang dengan kekuatan 1 Kompi Infanteri, 1 Baterai Armed diikuti unsur Banmin yang diangkut 2 LST kelas Laotieshan dalam kawalan 1 SQ Mig 29 milik musuh.

“Sehingga langsung kita halau dengan kekuatan 1 Komando Tugas Operasi Gabungan Pertahanan Pantai yang terdiri dari 1 Kompi Personel Lantamal IV, 1 Kompi Infanteri Yonmarhanlan IV , 1 Baterai Arhanud dan 1 Kompi Markas Yonmarhanlan IV dengan berjumlah 100 personil,” katanya.

Penghalauan musuh lanjut Andi, juga diikuti dengan Seksi Senjata Mesin Berat (SMB) dengan penembakan terhadap sekoci pendarat musuh.

“Seksi GPMG melaksanakan tembakan secara terus menerus (Barrage). Sedangkan Pasukan Infanteri Marinir melaksanakan penembakan untuk memukul mundur pasukan musuh di Baris Depan Daerah Tempur (BDDT),” papar.

Dengan penyerangan itu, Satgas pertahanan pantai akhirnya berhasil memukul mundur pasukan musuh dari pantai pendaratan dengan melaksanakan tembakan pengejaran kearah musuh secara terus menerus oleh seksi SMB dan GPMG diikuti dengan pengejaran oleh dua pucuk meriam pertahanan pantai.

Admin juga menegaskan, Latihan Operasi Pertahanan Pantai yang dilakukan Lantamal IV, juga bertujuan untuk menguji dan melatih profesionalisme prajurit Yonhar Lantamal IV.

“Kegiatan ini juga merupakan program operasi Matra Laut yang rutin rilaksnkan dalam Triwulan,” pungkasnya.

Penulis : Roland
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.