Polres Bintan Bekuk 10 Pelaku Narkoba, Satu Orang Wanita Dibawah Umur

Satresnarkoba Polres Bintan membekuk 10 pemakai dan pengedar berbagai jenis narkoba di Bintan.
Satresnarkoba Polres Bintan membekuk 10 pemakai dan pengedar berbagai jenis narkoba di Bintan.

PRESMEDIA.ID, Bintan – Satresnarkoba Polres Bintan membekuk 10 pemakai dan pengedar berbagai jenis narkoba di Bintan. Satu diantaranya bahkan masih anak dibawah umur.

Kapolres Bintan AKBP.Tidar Wulung Dahono mengatakan ke 10 pelaku Narkoba itu ditangkap di 10 lokasi atau TKP dalam kurun waktu 23 hari sejak 17 Mei sampai dengan 8 Juni 2022 lalu di Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Penangkapan pelaku Narkoba ini, lanjut Kapolres, dilakukan atas Laporan masyarakat.

“Untuk 8 pelaku dibekuk di Kecamatan Bintan Timur. Diantaranya 7 orang pria yaitu Dw, EDd, Td, Al, Hs, Dd, Rd, dan 1 wanita anak dibawah umur inisal Ab,” sebutnya saat menggelar Persrilis di Polres Bintan Rabu (15/6/2022).

Sementara 2 pelaku lagi, ditangkap dari hasil pengembangan penangkapan pelaku di Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang.

“Kedua pelaku yang diamankan di Wilayah hukum Polresta Tanjungpinang itu adalah Ag dan Ah,” ujarnya.

Ke 10 Pelaku kata Kapolres, adalah pemakai dan pengedar narkoba. Sementara untuk bandarnya masih dalam penyelidikan.

Dari pengakuan para pelaku, mereka memperoleh narkoba itu dari penjual di Tanjungpinang dan Bintan.

“Dari 10 pelaku ini, 3 diantaranya merupakan residivis kasus yang sama. Kemudian 1 pelaku lagi seorang wanita yang usianya masih di bawah umur,” jelasnya

Dari tangan mereka semua berhasil diamankan 3 jenis narkoba. Meliputi sabu seberat 40,6 gram, ganja 3,52 gram dan pil ekstasi warna pink sebanyak 63 butir atau seberat 126 gram.

Selain narkoba, juga diamankan barang lainnya seperti alat pengisap sabu atau bong. Lalu gunting, mancis, handphone, timbangan digital, uang tunai, plastik bening, dan motor metik 4 unit yaitu Yama Mio BP 4713 WM, Honda Beat BP 2583 WA, Yamaha Spaci BP 4820 BO dan Honda Beat BP 2770 BQ.

Ke 10 Pelaku narkoba ini saat ini ditetapkan Tersangka dan ditahan di Sel tahanan Polres Bintan untuk proses hukum lebih lanjut.

“Untuk 9 pelaku, dijerat dengan asal 114 Ayat 1 dan atau Pasal 112 Ayat 1 dan atau 111 Ayat 1 Jo Pasal 132 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” ujarnya.

Sementara untuk pelaku yang masih di bawah umur akan ditangani secara khusus meskipun sudah beberapa kali mengedar dan juga pemakai. Pihaknya akan berkoodinasi dengan instansi terkait untuk pendampingan.

“Untuk wanita masih dibawah umur tidak kita lepaskan. Tapi tetap ditindak namun kita minta pendampingan dari instansi terkait,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.