Ini Tanggapan Pemko Tanjungpinang Atas Sejumlah Temuan di LKPD-APBD 2021

*DPRD Tanjungpinang Panggil OPD Terkait Temuan BPK  

Foot Laporan Hasil Pemerriksaan LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang
Foot Laporan Hasil Pemerriksaan LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah kota Tanjungpinang membenarkan, 30 temuan dengan 56 permasalahan yang ditemukan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) APBD 2021 kota Tanjungpinang.

Dan atas temuan itu, Pemerintah kota Tanjungpinang menyatakan, sedang melakukan tindak lanjut sebagaimana yang direkomendasikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Plt.Kepala Inspektorat kota Tanjungpinang Naziri, mengatakan sesuai dengan rekomendasi BPK dalam LHP atas LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang itu, Walikota sebagai pimpinan kepala daerah, telah menindaklanjuti dengan menyurati seluruh kepala OPD agar dapat menyelesaikan sejumlah temuan dan permasalahan di LHP LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang itu.

“Saat ini, kami juga sedang melakukan inventarisasi penyelesaian dari tindak lanjut yang dilakukan,” ujar Naziri pada PRESMEDIA.ID melalui sambungn telephond Jumat (17/6/2022).

Selain itu lanjutnya, BPK perwakilan provinsi Kepri juga telah mengundang pemerintah kota Tanjungpinang dan Pemerintah kabupaten/kota serta Provinsi untuk meminta hasil tindak lanjut yang dilakukan atas temuan dan permasalahan serta rekomendasi tindak laanjut dari LKPD-APBD itu.

“Dan untuk temuan atas kerugian dana akibat kelebihan bayar, denda keterlambatan, serta temuan lainya di Pemko Tanjungpinang, saat ini sudah semua OPD Pemko yang mengembalikan ” ujar Naziri lagi.

Namun saat diminta rincian total dana, dan kegiatan proyek serta didinas OPD mana saja yang teleh mengembalikan dana, serta kelebihan pembayaran gaji dan TPP ASN Pemko Tanjungpinang yang sudah dikembalikan itu, Naziri mengaku belum dapat membeberkan.

“Untuk total dana serta jumlah OPD dan ASN yang mengembalikan nanti kami inventarisir dulu, Karena saat ini, kami juga lagi mempersiapkan bukti-bukti dari pengambilan dan penyetoran dana tersebut ke kasda, sebagai bukti yang akan disampaikan ke BPK,” ujarnya.

Plt.Kepala Inspektorat kota Tanjungpinang ini juga mengatakan, atas LHP LKPD-APBD 2021 ini, Pemerintah kota Tanjungpinang sebelumnya jug atelah dipanggil (Hering) dan dimintai penjelasan oleh DPRD kota Tanjungpinang.

“Jawaban Pemko atas pertanyaan DPRD atas temuan di LKPD-APBD 2021 itu, akan diselesaikan sebelum 60 hari masa tindak lanjut,” ujarnya.

Di Tempat terpisah, anggota DPRD kota Tanjungpinang Ashadi Selayar, juga membenarkan telah mengundang beberapa OPD termasuk Inspektorat Pemko Tanjungpinang atas temuan LHP di LKPD-APBD 2021 itu.

Pemanggilan DPRD terhadap sejumlah OPD dan Inspektorat kota Tanjungpinang itu, kata politisi Golkar ini, dilakukan dalam fungsi pengawasan DPRD terhadap rekomendasi LHP-BPK.

“Kami meminta kepada Inspektorat untuk menyampaikan terkait dengan tindak lanjut rekomendasi BPK atas sejumlah temuan di LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang itu. Inspektorat dan OPD juga mengakui, bahwa pihaknya juga sudah disurati walikota untuk menindak lanjuti sejumlah temuan di LHP LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang itu,” ujarnya.

Namun mengenai jumlah pasti yang sudah ditindaklanjuti masing-masing OPD pemerintah kota dari 30 temuan dan 56 permasalahan, Ashadi juga mengaku lupa dan harus buka datanya.

“Namun yang pasti, Inspektorat mengatakan, pengembalian dana dari sejumlah temuan yang direkomendasikan BPK di LHP, sebagian sudah dilakukan dan sebagian lagi on progres,” sebutnya.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan 30 temuan dengan 56 permasalahan yang perlu ditindaklanjuti, pada Laporan keuangan pemerintah Daerah (LKPD) APBD 2021 kota Tanjungpinang.

Jumlah temuan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan temuan LKPD-APBD 2020 dan 2019 yang sebelumnya yang hanya 21 temuan dan 20 permasalahaan yang perlu di tindak lanjuti.

Dari data yang diperoleh Media ini, sejumlah temuan pada LKPD-APBD 2021 kota Tanjungpinang itu, terdapat pada sektor pendapatan APBD 2021 sebanyak 2 temuan, Belanja APBD 2021 sebanyak 9 temuan dan Pelaporan serta pengelolaan aset pemerintah daerah sebanyak 2 Temuan.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.