Pelaku UMKM Sektor Kuliner Kepri Ikuti Diklat Manajemen Ekspor

Sebanyak 81 pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kepri, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM serta kapasitas kompetensi SDM UMKM. (foto:Humas-Kepri) 
Sebanyak 81 pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kepri, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM serta kapasitas kompetensi SDM UMKM. (foto:Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 81 pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kepri, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM serta kapasitas kompetensi SDM UMKM.

Kegiatan Diklat yang diadakan Dinas Koperasi dan UMKM Kepri ini, merupakan Diklat Seri Pertama yang berfokus kepada manajemen ekspor di Hotel Aston, Tanjungpinang, Senin (20/62022).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepri Agus Nawarman, mengatakan diklat bagi para peserta UMKM ini, tidak hanya dituntut menyerap ilmu yang disampaikan pemateri. Tetapi, juga terlibat langsung dalam proses kurasi oleh narasumber terhadap produk makanan yang dihasilkan.

“Ini agar produk makanan yang dihasilkan, khsusnya makanan khas daerah kita yang punya potensi untuk dijual di pasar luar negeri,” jelas Agus.

Sebagai narusumber, menghadirkan Rudi Fang Sl Ceo Centrak Asia&Southest Asia Bussines Chamber, FRED dari Central Asia & Southeast Asia Business Chamber Singapore serta Agung Prijo Nugroho dari CEO Wakaf Preneur Institute.

Agusnawarman berharap dari kegiatan ini produk makanan dihasilkan oleh pelaku UMKM Kuliner di Kepri bisa bersaing di pasar luar negeri.

Kegiatan ini sebutnya, juga menjadi jalur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri dari UMKM.

Agus juga mengatakan, dalam mengembangkan UMKM di Kepri, pihaknya terus melakukan sejumlah langkah dan upaya untuk meningkatkan perkembangan UMKM di Kepri.

Selain itu, juga diusahakan pemberian bantuan subsidi bunga margin nol persen bagi pelaku usaha yang membutuhkan modal dengan target 1000 pelaku usaha.

“Ada juga digitalisasi koperasi dan UMKM, penumbuhan relawan digital, penerbitan sertifikasi halal, pembentukan koperasi dan peningkatan kualitas koperasi, serta pelatihan sebagaimana dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.