Empat Terdakwa Pengedar dan Pemilik Narkoba Divonis 5 dan 7 Tahun Penjara

Empat Terdakwa Pengedar dan Pemilik Narkoba Divonis 5 dan 7 Tahun Penjara
Empat Terdakwa Pengedar dan Pemilik Narkoba Divonis 5 dan 7 Tahun Penjara (Foto:Roland) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Empat terdakwa pengedar dan pemilik narkoba jenis sabu 4,35 gram dihukum 5 sampai 7 tahun penjara. Keempat terdakwa diantaranya, Mardiyanto, Ismail, M.Syafri dan Ardana Putra.

Putusan ini dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Riska Widiana serta didampingi oleh Topan dan Refi Damayanti di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa( 21/6/2022).

Dalam putusannya Hakim menyatakan, ke empat terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi  perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I.

hal itu sebagaimana dakwaan alternatif pertama JPU, melanggar pasal 114 Ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menghukum terdakwa Ardana dan M. Syafri dengan hukuman pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 2 bulan,” kata Hakim.

Sementara terdakwa Ismail dan Mardiyanti, dijatuhi hukuman pidana penjara  7 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan.

Related Posts

Putusan ini, lebih ringan 1 tahun dari tuntutan Jaksa Pada masing-masing terdakwa yang sebelumnya, menuntut terdakwa Ardana dan M.Syafri hukuman pidana penjara selama 6 tahun , denda sebesar Rp. 1 miliar subsider 2 bulan.

Dan terdakwa Mardiyanto dan Ismail dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp1,5 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Atas putusan itu, Hakim menyatakan, masing-masing terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum memiliki hak menentukan sikap menerima atau tidak putusan yang dijatuhkan selama satu pekan.

Sebelumnya, ke empat terdakwa ditangkap Satres Narkoba Polres Bintan. Penangkapan pertama dilakukan terhadap terdakwa Mardiyanto di rumahnya Jalan Tanjung Uban KM.38 Kangboi RT.03 RW.02 Kelurahan/Desa Toapaya Utara, Selasa (4/1/2022).

Penangkapan ke empat terdakwa ini berawal ketika Mariyanto memesan narkoba jenis sabu-sabu kepada Bang (DPO) sebanyak 2,5 gram seharga Rp4 juta.

Setelah itu, terdakwa Ardana membeli narkoba tersebut kepada terdakwa Mardiyanto sebesar Rp500 ribu sekaligus dengan pesanan M.Syafri. Atas penangkapan Mardiyanto, akhirnya tiga terdakwa lainya diamankan Polisi.

Penulis:Roland
Editor   :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.