Partai Demokrat Bintan Belum Ajukan Calon Wakil Bupati Pendamping Roby

Ketua DPC Partai Demokrat Bintan Zulkifli (Foto: Dok;DPRD Bintan)
Ketua DPC Partai Demokrat Bintan Zulkifli (Foto: Dok;DPRD Bintan)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Partai Demokrat Bintan belum mengajukan Calon wakil Bupati yang akan mendampingi Roby Kurniawan, pasca penonaktifan kadernya, mantan Bupati Bintan Apri Sujadi sebagai Bupati karena tersandung kasus Korupsi pengaturan kuota rokok di BP. Kawasan Bintan.

Ketua Demokrat DPC Demokrat Bintan Zulkifli, mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu, pelantikan bupati definitif Bintan. Setelah itu partainya baru akan melakukan konsolidasi dengan 5 Partai Politik pengusung Bupati dan wakil Bupati Bintan pada Pilkada 2020 lalu itu.

“Sampai saat ini kami belum ada pengajuan nama itu (wakil bupati-red), karena masih menunggu pelantikan bupati definitif dulu,” ujar Zulkifli pada PRESMEDIA.ID saat ditemui di Tanjungpinang, Rabu (30/6/2022).

Setelah pelantikan bupati lanjutnya, Demokrat baru akan melakukan konsolidasi Politik dengan 5 Partai pengusung.

Disinggung dengan nama yang akan diusung dari Partai Demokrat, ketua komisi II DPRD Bintan ini mengaku, belum membicarakan hal tersebut di internal partainya.

Sebab menurutnya, pengajuan calon wakil bupati untuk mengisi sisa masa jabatan yang ada bukan hanya hak Partai Demokrat, tetapi, juga merupakan hak 4 Partai Politik Pengusung lainya.

“Belum ada nama yang dibicarakan, nanti setelah konsolidasi dengan Parpol pengusung dulu,” sebutnya.

Saat ini lanjut Zulkifli, Partai Demokrat, juga baru menetapkan ketua DPC Demokrat Bintan, dengan menunjuk dirinya sebagai Ketua.

Dengan penetapan itu, Zulkifli mengaku, sedang sibuk menyusun formasi kepengurusan DPC Demokrat Bintan tersebut.

Sebelumnya, Gubernur provinsi Kepri, telah mengajukan pergantian Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan menjadi Bupati definitif Ke Mendagri, pasca putusan Pengadilan Negeri yang menghukum mantan Bupati Bintan Apri Sujadi dalam kasus Korupsi pengaturan kuota Rokok dan Mikol di BP.Kawasan Bintan.

Namun hingga saat ini, Menteri dalam Negeri belum menetapkan, bupati Bintan definitif tersebut.

Sekretaris Daerah provinsi Kepri Adi Priantara, mengatakan pengajuan pergantian Bupati Bintan ke Mendagri itu, dilakukan sejak Mei 2022 lalu. Namun hingga saat ini jawaban dan keputusan dari Menteri Dalam negeri.

Pengajuan pergantian Bupati Bintan itu lanjut Adi, dilakukan melalui pengisian aplikasi secara Elektronik yang disediakan Kemendagri.

Sebagaimana diketahui, jabatan Bupati Bintan definitif telah mengalami kekosongan pasca ditetapkanya mantan Bupati Bintan Apri Sujadi sebagai tersangka kasus Korupsi pengaturan kuota Rokok dan Mikol di BP.Kawasan Bintan 2016-2018 pada Agustus 2021 lalu.

Selanjutnya, Menteri dalam negeri melalui Gubernur Kepulauan Riau menunjuk mantan wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan sebagai Pejabat Sementara Bupati Bintan pada 19 Agustus 2021.

Selanjutnya pada 23 Agustus 2021, Gubernur Kepri melalui Surat keputusan Nomor 130/1599/B.PEMTAS-SET/2021, kembali mengangkat Roby Kurniawan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan.

Mantan Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Roby Kurniawan merupakan pasangan Bupati dan wakil Bupati Bintan hasil Pilkada 2020 Bintan. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Golkar dan PAN, PKS dan Hanura. Namun akibat belum adanya pergantian definitif Bupati Bintan ini, mengakibatkan pengajuan Wakil Bupati Bintan dari partai pengusung tersebut juga belum tampak.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.