Kapal Ikan KM.Pasifik Terbalik di Pulau Mapur Satu Kru Kapal Hilang

Tim SAR dari Basarnas Tanjungpinang saat melakukan pencariaan satu kru Kapal Ikan KM.Pasifik yang terbalik di perairan pulau Mapur-Bintan Kamis (30-6-2022) (Foto:Basarnas)
Tim SAR dari Basarnas Tanjungpinang saat melakukan pencariaan satu kru Kapal Ikan KM.Pasifik yang terbalik di perairan pulau Mapur-Bintan Kamis (30-6-2022) (Foto:Basarnas)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sebuah Kapal Ikan KM.Pasifik, terbalik di kawasan Pulau Mapur-Bintan, akibat cuaca buruk sekitar pukul 03.00 WIB Kamis (30/6/2022) pagi dini hari.

Akibat kejadian ini, satu kru kapal dengan kapasitas 28 Gross Ton (GT) itu, dilaporkan hilang.

Kepala Basarnas Tanjungpinang Slamet Riyadi, mengatakan, informasi kecelakaan laut KM.Pasifik di Bintan itu diperoleh dari laporan Satpolair Tanjung Balai Karimun. Dengan lokasi koordinat kejadiaan kapal terbalik pada titik koordinat 01° 04’09.25″N 104°50’1.19″E.

“Informasinya, KM Pasifik terbalik akibat dihantam ombak kuat dan angin kencang,” ujarnya Kamis (30/6/2022).

Saat berlayar lanjutnya, Kapal ikan jaring KM.Pasifik mengangkut 8 orang termasuk nakhoda. Dari jumlah itu, 7 kru Kapal berhasil selamat. Namun 1 kru lainnya hilang dan masih dalam pencarian

“Ke 7 kru kapal, diselamatkan oleh Nelayan yang melintas setelah sebelumnya terombang ambing di laut. Namun 1 kru lagi masih hilang dan dilakukan pencarian,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Slamet, pihaknya telah menurunkan 4 personil ke lokasi menggunakan RB 209 untuk melakukan pencarian.

“Untuk pencarian korban, dilakukan Tim SAR dari Basarnas Tanjungpinang serta Polair Polda Kepri, TNI AL, Polair Bintan serta nelayan setempat,” jelasnya.

HIngga berita ini ditulis, korban belum ditemukan dan pencariaan masih terus dilakukan.

Sementara kondisi cuaca di lokasi cerah berawan, Namun tinggi gelombang mencapai 0,5-1,25 meter dan arus laut Utara-Timur Laut mencapai 5-60 Cm dan kecepatan Angin Utara 14 Km/Jam.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.