Jalan Tirta Madu Ditutup Sementara, Kata PUPR Bintan Untuk Perbaikan

Jalan Tirta Madu ditutup Sementara karena ambles dan membahayakan,sebuah Plang himbauan juga dibuat, agar pengendara tidak melalui jalanan tersebut. (foto:Hasura).
Jalan Tirta Madu ditutup Sementara karena ambles dan membahayakan,sebuah Plang himbauan juga dibuat, agar pengendara tidak melalui jalanan tersebut. (foto:Hasura).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Jalan Tirta Madu yang rusak parah dan tak Kunjung diperbaiki pemerintah sejak satu Tahun lalu, akhirnya ditutup karena sangat membahayakan bagi pengendara Motor dan Mobil, Jumat (1/7/2022).

Penutupan akses jalan dan jembatan yang rusak ini, dilakukan dinas PUPR Bintan dan Polisi, untuk melakukan perbaikan.

Bagi pengendara yang ingin menuju ke arah Km 18 arah Kijang maupun ke Gesek, disarankan menggunakan jalur Lintas Timur.

Pantauan di lapangan, jalanan yang ambles itu dipasang tali pembatas agar tidak dilintasi oleh pengendara, sebuah Plang himbauan juga dibuat, agar pengendara tidak melalui jalanan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Bintan Agung Setiawan, mengatakan Jalan Tirta Madu yang berada di Perkebunan Kelapa Sawit itu, merupakan jalan Provinsi, hingga pemerintah Bintan tidak bisa mengalokasikan anggaran APBD untuk perbaikan.

Penutupan ini lanjutnya, dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadi korban, karena jalan tersebut hanya tersisa setapak dan sangat rawan ambles.

“Jalan Tirta Madu ini merupakan kewenangan Dinas PUPR Provinsi Kepri. Namun untuk perbaikannya nanti Dinas PUPR Bintan akan ikut membantu. Kami akan diturunkan alat berat untuk melakukan perbaikan,” sebutnya.

Oleh karena itu kata Agung, pihaknya dan Lantas Polres Bintan meminta, agar
pengendara tidak melintasi jalan itu untuk sementara waktu.

Karena, sebutnya, jika tetap dilintasi akan menelan korban jiwa kemudian pelaksanaan perbaikan juga akan terganggu. Maka selama proses perbaikan berjalan para pengendara bisa menggunakan jalan alternatif lainnya.

“Di area sini sudah dipasang papan himbauan agar para pengendara tidak melintasinya,” katanya.

Sementara itu, warga Kecamatan Bintan Timur, Edi, menyarankan kepada pengguna jalan untuk melintasi Jalur Lintas Timur arah ke Lapas Km 18. Karena hanya itu satu-satunya jalanan yang bisa dilalui untuk menuju Simpang Km 18 arah Kijang maupun Gesek.

“Jalan lewat Jalan Tirta Madu yang ambles itu. Karena jalanan itu akan diperbaiki, jika tetap dilintasi sangat berbahaya dan juga menghambat proses pengerjaannya,” jelasnya.

Pria yang bekerja di perkebunan ini berharap perbaikan jalanan itu dapat dilaksanakan sesegera mungkin. Karena jalanan itu menjadi jalur utama lalulintas untuk pendistribusian kebutuhan pokok dari wilayah Utara ke Timur.

“Jalan Tirta Madu itu jalur utama bagi supir-supir seperti kami membawa barang dari Tanjung Uban ke Kijang. Kalau tidak segera diperbaiki maka kami juga kesulitan,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.