Buka Pelatihan Tata Boga Wagub Marlin Berharap Kreativitas Ibu-Ibu di Batam Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Wakil Gubernur Kepri Hj.Marlin Agustina Rudi, mengatakan, kaum perempuan harus diberi ruang dan kesempatan untuk memunculkan kreativitas yang luar biasa dalam pengembangan berbagai jenis kuliner. Dengan hasil yang lezat dan sehat akan bisa menambah peningkatan ekonomi.
Wakil Gubernur Kepri Hj.Marlin Agustina Rudi, mengatakan, kaum perempuan harus diberi ruang dan kesempatan untuk memunculkan kreativitas yang luar biasa dalam pengembangan berbagai jenis kuliner. Dengan hasil yang lezat dan sehat akan bisa menambah peningkatan ekonomi. (Foto : Humas Kepri)

PRESMEDIA.ID, Batam – Wakil Gubernur Kepri Hj.Marlin Agustina Rudi, mengatakan, kaum perempuan harus diberi ruang dan kesempatan untuk memunculkan kreativitas yang luar biasa dalam pengembangan berbagai jenis kuliner. Dengan hasil yang lezat dan sehat akan bisa menambah peningkatan ekonomi.

Pemerintah kata Marlin, terus mendorong, memberi ruang ibu-ibu untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam banyak hal, terlbih kuliner.

“Sebagai daerah tujuan wisata, kuliner selalu menjadi tujuan, termasuk oleh-olehnya,” kata Wagub Marlin saat membuka Pelatihan Tata Boga pada Sub Bagian Kegiatan Pengembangan Kegiatan Masyarakat untuk Peningkatan Kualitas Keluarga Kewenangan Provinsi, Hotel Harris, Batam, Kamis (30/6/2022) petang.

Hj.Marlin juga mengatakan, akan terus mendorong kelompok tatak Boga yang mempunyai kemampuan untuk megembangkan usahanya, hingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Oleh Karena itu, lanjut Marlin, melalui pelatihan yang dilaksanakan akan dapat menghasilkan keterampilan ibu-ibu yang produktif dan bisa mengembangkan kemampuan tata boga olahan.

Wagub Marlin kemudian berkisah bagaimana dia mendorong pangan khas Bandar Dunia Madani ini menjadi makanan dan oleh-oleh yang dicari. Sumber pangan itu adalah gonggong. Yang kini berbagai olahannya mulai bisa ditemukan di Batam, seperti gonggong asap, rendang gonggong, serundeng gonggong, sejumlah kue dan berbagai olahan lainnya.

“Kuliner dengan bahan pangan lokal harus mengglobal. Harus menjadi oleh-oleh yang dirindukan,” kata Wagub Marlin.

Menurut Marlin, pemerintah begitu serius dalam pengembangan UMKM. Malah di Batam akan dibangun sentra khusus UMKM. Tentu ini memberi ruang dan peluang untuk pergerakan ekonomi yang memberi dampak langsung bagi masyarakat.

Malah, kata Ketua Dekranasda Kota Batam ini, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk perkembangan produk yang dihasilkan. Manfaatkan untuk promosi. Buat tampilan yang bagus. Kemas dengan kata-kata yang bagus.

“Tentu jaga kualitas rasanya. Biar pembeli datang lagi dan lagi,” kata Wagub Marlin yang pada pembukaan itu didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kepri Any Lindawaty.

Karena itu, Marlin melihat pentingnya pelatihan seperti ini. Mereka yang sudah dapat kesempatan, sangat sayang kalau tak meneruskannya.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.