Bawaslu, KPU dan Jurnalis se-Kepri Gelar Apel Siap Siaga Persiapan Pemilu 2024

Bawaslu dan KPU se- Kepri Gelar Apel Siap Siaga Pelenggaraan Pemilu 2024
Bawaslu dan KPU se- Kepri Gelar Apel Siap Siaga Pelenggaraan Pemilu 2024 (Foto:Abdul Hamid) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU serta Jurnalis  di provinsi Kepri, menggelar apel siaga persiapan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 di lapangan kantor Bawaslu Kepri di kota Tanjungpinang Rabu (6/7/22).

Apel siap Siaga penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 ini, juga diikuti Bawaslu Tanjungpinang dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota se-Kepri, serta unsur Kepolisian, Kejaksaan dan instansi lainya termasuk sejumlah jurnalis dari berbagai Organisasi.

Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati mengatakan, Apel siaga persiapan Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 ini, menjadi tahap awal komponen pengawas dan penyelenggara Pemilu di Kepri, dalam mempersiapkan dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Pemilu serentak 2024 ini kata Sri Wati, berbeda dengan pemilu sebelumnya karena akan dilaksanakan secara serentak dalam satu tahun dengan rekapitulasi penghitungan suara dilakukan dalam dua tahap.

Sebagaimana Pemilihan umum sebelumnya, proses rapat Rekapitulasi suara menjadi hal dan momen yang selalu riskaan dalam setiap pelaksanaan Pemilu.

“Oleh karena itu, dengan dua tahap pelaksanaan rekapitulasi suara ini, menjadi tantangan bagi semua komponen pengawas dan penyelenggara pemilu kedepan,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Sri Wati, tantangan itu akan dapat diatasi dengan baik melalui sinergitas yang didukung oleh seluruh komponen, baik dari Kepolisian, Pemerintah maupun media dan Jurnalis.

“Menyatukan persepsi melalui sinergitas dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu di Kepri menjadi hal yang penting dan tugas kita bersama. Karena masing-masing lembaga memiliki masing-masing tanggung jawabnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepri Said Abdullah Dahlawi, juga mengatakan tugas dan tanggung jawab ini bukan hanya KPU dan Bawaslu tetapi juga segenap masyarakat.

“Oleh karena itu, lanjutnya, melalui Apel siaga persiapan Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 ini, Said juga mengajak semua komponen berperan dan bersinergi.

“Mari bersama sama membangun sinergitas, bekerjalah sebaik baiknya dan menjaga profesionalisme sebagai bukti dan bakti kita kepada negara Republik Indonesia ini,” pungkasnya.

Pada Apel Siaga ini, juga dilaksanakan pembacaan ikrar yang diikuti oleh para peserta Apel, Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan Balon sebagai tanda kesiapan Bawaslu dan KPU di Kepri dalam menyambut Pemilu serentak 2024.

Penulis:Abdul Hamid
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.