Ayah dan Dua Anak Ditetapkan Tersangka Karena Terlibat Sindikat Pengiriman PMI Illegal

*Sebanyak 16 PMI Asal Lombok Diserahkan ke BP2MI

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono
Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono (Foto;Dok-Presmedia)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Polres Bintan menetapkan 7 tersangka pelaku sindikat penyelundupan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) dari Batam dan Bintan ke Malaysia.

Kapolres Bintan AKBP.Tidar Wulung Dahono, mengatakan ke 7 tersangka itu, adalah Sn (44) sebagai Otak pelaku yang merekrut PMI dari Lombok dan Jawa. Kemudian tersangka Jn (44) dan St (44) yang menjemput dari Bandara Hang Nadim Batam dan mengantar ke pelabuhan Punggur untuk diberangkatkan ke Tanjung Uban-Bintan.

“Ke 3 tersangka ini ditangkap di Kota Batam dan berdomisili di Kabil, Kecamatan Nongsa,” sebut Kapolres dalam konferensi pers di Aula Samapta Mako Polres Bintan, Rabu (6/7/2022).

Sedangkan 4 tersangka lainnya,  merupakan warga Bintan yaitu Ys (38), Sh (41), Rm (18) dan Fm (20). Keempat tersangka ini ditangkap di Bintan dan merupakan warga Seri Kuala Lobam dan Bintan Utara.

Kpolres melanjutkan, Dari tujuh tersangka ini, tiga diantaranya merupakan Bapak dan anak yang berperan sebagai Tekong Darat dan Tekong Laut menjemput dan membawa 16 PMI ilegal yang akan diberangkatkan ke Malaysia. Ketiga tersangka bapak dan Anak yang terlibat sindikat Pengiriman PMI Ilegal ini adalah Sh (41) (Bapak) Rm (18) dan Fm (20) sebagai anak.

“Tiga tersangka ini mempunyai hubungan keluarga yaitu ayah dan anak. Mereka bertiga berperan sebagai tekong darat dan tekong laut di Bintan,” jelasnya

16 PMI Asal Lombok Diserahkan ke BP2MI  

Sementara itu, sebanyak 16 PMI korban yang akan dikirimkan 7 tersangka sindikat pengiriman PMI secara ilegal yang digagalkan Polisi itu, saat ini diserahkan Polisi ke BP2MI Tanjungpinang.

“Dari 16 PMI korban ini 14 diantaranya adalah warga Lombok dan 2 lainnya warga dari Jawa,” ujar Tidar.

Ke 16 orang PMI itu juga diserahakan ke BP2MI agar dipulangkan ke Kampung halamanya.

Penulis:Hasura
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.