Permenpan-RB Nomor 6 Tahun 2022 Rubah Kinerja ASN Dari Rencana dan Aktivitas Jadi Outcome Atau Hasil

Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 6 tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau, di ruang Rapat Utama, Lt.4, Kantor Gubernur, Dompak, Kamis(07/07).
Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 6 tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau, di ruang Rapat Utama, Lt.4, Kantor Gubernur, Dompak, Kamis(07/07).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara, mengatakan Penilaian kinerja ASN telah banyak mengalami perubahan, salah satunya menyangkut esensi sasaran kerja pegawai berubah menjadi sasaran kinerja pegawai.

Hal itu dikatakan Sekda saat acara sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 6 tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau, di ruang Rapat Utama, Lt.4, Kantor Gubernur, Dompak, Kamis(07/07).

Adi Prihantara mengatakan, dengan perubahan ini, akan berdampak pada sasaran kinerja pegawai yang awalnya pada rencana kegiatan berbasis aktivitas, sekarang menjadi berbasis outcome atau hasil.

Sekdaprov Adi juga menegaskan, bahwa pegawai ASN yang menjabat pada posisi struktural dan fungsional harus saling berkoordinasi, tidak tumpang tindih pekerjaan dan memiliki peran tanggung jawab serta tidak mengerjakan pekerjaan diluar tupoksinya.

“Pengelolaan Kinerja ASN ini bertujuan untuk memperjelas, peran, dan tanggung jawab masing-masing ASN. Sehingga, nantinya tidak ada lagi penjabat fungsional mengerjakan pekerjaan penjabat struktural atau sebaliknya, agar target kinerja organisasi dapat tercapai,” ujar Adi Prihantara.

Sosialisasi Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 6 tahun 2022 hadir untuk mengubah budaya yang selama ini top-down menjadi organisasi yang berkerja sama secara agile serta memudahkan pimpinan atau atasan langsung dapat melakukan pemantauan kinerja dan dapat langsung memberikan umpan balik berkelanjutan.

Terakhir, Adi Prihantara menghimbau agar, seluruh Pegawai ASN dapat merealisasikan Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 6 tahun 2022 secara definitif dan sistematis di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah se-Provinsi Kepulauan Riau.

“Seluruh peserta, ikuti sosialisasi ini dengan baik, pahami arti perubahan. Karena apapun yang akan kita lakukan, mau tidak mau, suka tidak suka, budaya kerja pegawai akan terus mengalami perubahan yang signifikan, maka dari itu segera lakukan penyesuaian dengan perubahan yang ada dan laksanakan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Korpri Provinsi Kepulauan Riau Firdaus, Analisis SDM Aparatur Rahmat Guritmo, Plt.

Asisten Deputi Peningkatan Kinerja dan Sistem Penghargaan SDM Aparatur Syamsurizal secara virtual, Seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Seluruh Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang hadir secara langsung maupun virtual.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.