Polresta Tanjungpinang Ringkus Tersangka Penipu Jual Mobil Vios Kredit

Tersangka Zu terduga pelaku penipuan dan penggelapan Mobil Vios
Tersangka Zu terduga pelaku penipuan dan penggelapan Mobil Vios (Foto:Roland) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Polresta Tanjungpinang berhasil meringkus, pelaku penipuan dan penggelapan mobil Vios yang diduga dilakukan Zu di Tanjungpinang, sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis(14/7/2022).

Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, AKP Awal Sya’ban Harahap, menyatakan kronologis kejadian berawal pada saat korban Rezeki Nusantara membeli 1 unit mobil Vios Limo 2005 kepada tersangka Zu dengan harga Rp36 juta.

“Korban telah menyerahkan uang sebesar Rp28 juta kepada tersangka, sisanya Rp 8 juta akan diserahkan korban setelah surat-suratnya di balik nama,” ungkap Awal, Jumat(15/7/2022).

Dalam perjanjiannya, tersangka akan menyelesaikan surat balik nama selama 2 minggu dari tanggal 4 Desember 2021.

Namun sampai saat ini tersangka tidak membalik namakan surat-surat mobil tersebut.

Namun setelah diusut, ternyata BPKB mobil yang dijual tersangka masih menjadi jaminan atas tunggakan ansuran tersangka di kantor BFI Tanjungpinang.

“Tunggakan itu, merupakan cicilan kredit 1 unit mobil Vios Limo 1.5 MT tahun 2005 warna abu-abu metalik yang belum dibayar tersangka. Mobil itu juga diambil oleh BFI Tanjungpinang, karena tersangka tidak membayar tunggakannya,”jelasnya.

“Akibat kejadian ini, korban melapor ke Satreskrim Polresta Tanjungpinang, hingga kami lakukan penangkapan,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka Zu yang memenuhi panggilan penyidik untuk dilakukan pemeriksaan terkait telah terjadinya dugaan tindak pidana Penipuan dan atau Penggelapan  November 2021 di Jalan DI Panjaitan depan Bank BTN KM 9  Kota Tanjungpinang.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Zu dan didapati keterangan, bahwa benar tersangka telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan,”katanya.

Sehingga dari keterangan Zu beserta keterangan saksi-saksi lainnya, penyidik melakukan gelar perkara untuk menetapkan Zu sebagai tersangka.

“Tersangka kita langsung amankan guna pemeriksaan serta proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Akibat perbuatannya tersangka di jerat pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.