Dua Kurir Narkoba Sabu 959,89 Gram Dituntut 15 Tahun Penjara 

Sidang secara online Dua kurir Narkoba Sabu 959,89 gram dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum di PN Tanjungpinang
Sidang secara online Dua kurir Narkoba Sabu 959,89 gram dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum di PN Tanjungpinang (Foto:Roland) 

PRESMEDIA ID, Tanjungpinang- Dua kurir pengedar Narkoba sabu 959,89 Gram terdakwa Rahmat Ependi dan Bayu Winata, dituntut 15 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum Umum (JPU) Bambang Wiradhany di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (19/7/2022).

Jaksa mengatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan pemufakatan jahat tanpa hak dan melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I yang beratnya melebihi 5 gram, sebagaimana dakwaan kesatu melanggar pasal 114 ayat 2 Jo. pasal 132 ayat 1 Undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
“Menuntut kedua terdakwa dengan tuntutan pidana penjara masing- masing selama 15 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 kurungan,”ujarnya.
Sementara itu barang bukti 14 paket narkoba jenis sabu-sabu seberat 959,89 gram dan 3 butir pil ekstasi serta satu unit handphone Relmi, dirampas untuk dimusnahkan.Sedangkan barang bukti uang Rp500 ribu  dirampas untuk negara.
Atas tuntutan itu  kedua terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya Anur Syarifuddin menyatakan keberatan dan akan mengajukan pembelaan secara tertulis.
Atas keberatan terdakwa Hakim Riska Widiana didampingi Hakim Anggota Syaiful Arif dan Refi Damayanti mendung persidangan selama satu pekan dengan agenda pledoi.
Dalam dakwaan JPU, berawal pada saat terdakwa Rahmad dihubungi oleh Jumadi (DPO) untuk memberikan pekerjaan menyimpan dan mengedarkan narkoba, sekitar Desember 2021.
Selanjutnya atas perintah Jumadi, terdakwa Bayu menghubungi terdakwa Rahmad untuk menjemput narkoba jenis sabu- sabu dan pil ekstasi tersebut.
Setelah dijemput terdakwa Bayu memberikan tas sandang berisikan narkoba kepada terdakwa Rahmad untuk disimpan di kos-kosannya di Jalan  Pompa Air Gang Kempas nomor 20 Tanjungpinang.
Keesokan harinya kedua terdakwa melempar narkoba itu ke sejumlah tempat di Tanjungpinang.
Namun akhirnya sindikat pengedar Narkoba ini diketahui Polisi, hingga Satnarkoba Polresta Tanjungpinang menangkap terdakwa Rahmad dan Bayu di kos-kosannya, Rabu (5/1/2022).
Saat digeledah, Polisi juga menemukan 14 paket narkoba jenis Sabu seberat 959,89 gram dan 3 butir pil ekstasi di lobang lantai kosan terdakwa Rahmad.
Penulis: Roland 
Editor  :Redaksi 

Leave A Reply

Your email address will not be published.