Angin Puting Beliung Sapu 7 Rumah di Dompak Tanjungpinang

Kondisi rumah warga di Perumahan Dompak Indah RT 3 RW 4 Kelurahan Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang setelah disapu angin puting beliung Rabu (20/7/2022) pagi.
Kondisi rumah warga di Perumahan Dompak Indah RT 3 RW 4 Kelurahan Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang setelah disapu angin puting beliung Rabu (20/7/2022) pagi.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 7 unit rumah di Perumahan Dompak Indah RT 3 RW 4 Kelurahan Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang disapu angin puting beliung Rabu (20/7/2022) pagi.

Salah satu warga Perumahan Dompak Indah, Wati mengatakan kejadian angin puting beliung yang melanda perumahannya di Dompak terjadi saat hujan deras.

“Saat itu saya bersama anak-anak saya sedang berada di kamar rumah. Tapi tiba-tiba kaget mendengar angin puting beliung yang sangat besar menggulung atap depan rumah,” ujarnya.

Bahkan Wati mengaku sangat kaget dan seumur-umur baru melihat angin puting beliung sedahsyat itu.

“Angin puting beliung saat itu langsung menghantam sejumlah rumah dengan menerbangkan Atas dan bahan lainnya,” ujar Wati lagi.

Saat itu lanjut Wati, Dia dan anggota keluarganya sempat menyelamatkan diri. Namun dia bersyukur angin puting beliung itu hanya merusak bagian belakang rumahnya.

“Angin puting beliung itu juga merambat ke rumah tetangganya lain,” jelasnya.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Andhika Oktorananda mengatakan bahwa bencana angin puting beliung ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari RT bahwa 7 unit mengalami kerusakan parah.

“Bisa kita lihat memang parah, atapnya terangkat,” Jelas Andhika.

Untuk penanganan lebih lanjut, sebut Andhika, pihaknya akan melakukan pendataan dan membantu menutup atap rumah warga yang terdampak, dengan menggunakan terpal.
Selanjutnya, BPBD kota Tanjungpinang akan mengajukan Surat Keputusan (SK) ke Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang untuk menyalurkan bantuan dan melakukan penanganan para warga yang terdampak bencana puting beliuang ini.

“Akan kita bahas berapa yang akan diberikan. tentu tergantung kemampuan anggaran Pemko Tanjungpinang,” pungkasnya.

Penulis : Roland
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.