Pemkab Bintan Sediakan Bantuan Hukum Untuk Tersangka Korupsi Hw dan Akan Tunjuk Plt.Kadis Perkim

Penjabat (Pj) Sekda Bintan, Rony Kartika
Penjabat (Pj) Sekda Bintan, Rony Kartika

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah kabupaten Bintan akan menyediakan Bantuan Hukum (BH) terhadap tersangka Hery Wahyu (HW) Kepala dinas Perkim Bintan yang ditetapkan Kejaksaan sebagai tersangka kasus dana pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah 2018 di Bintan.

Penjabat (Pj) Sekda Bintan, Rony Kartika, mengatakan telah melakukan rapat bersama kepala daerah untuk menindak lanjuti, Proses hukum terhadap penetapan tersangka Kadis Perkim Bintan Hw sebagai tersangka.

“Kita sudah melakukan pembahasan terkait masalah ini,” ujar Rony, Jumat (22/7/2022).

Dalam pembahasan kata Rony, selain menghormati proses hukum yang dilakukan Kejaksaan, Pada prinsipnya, Pemerintah Kabupaten Bintan juga bersedia menyediakan bantuan hukum untuk mendampingi Kadis Perkim Bintan (Tersangka Hw) dalam menjalani segala proses hukum yang berlaku.

Namun demikian, lanjut sebut Rony pemerintah kabupaten Bintan juga sedang menunggu persetujuan dari pihak keluarga Kadis Perkim Bintan tersebut.

“Sebelumnya, Bagian Hukum pemkab Bintan juga sudah menyatakan bersedia memberikan bantuan hukum. Namun kesediaan dari pihak keluarga yang bersangkutan belum kita dapati. Jika dari pihak keluarga bersedia, maka kita tugaskan Bagian Hukum Setdakab Bintan,” ujar Rony di Bintan.

Selain itu lanjutnya, agar pelayanan dan birokrasi di Dinas Perkim Bintan berjalan. Plt.Bupati Bintan juga akan menunjuk pejabat lain sebagai Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala dinas Perkim Bintan.

Saat ini, dengan penahanan yang dilakukan Kejaksaan kepada Kepala Dinas Perkim Bintan itu, untuk sementara waktu segala kebijakan di Dinas Perkim akan diambil alih oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan.

“Untuk sementara waktu, pelayanan di Dinas Perkim BIntan kami backup langsung dari Pemkab Bintan, sambil menunggu SK Plt.Kadis Perkim Bintan ditandatangani kepala daerah,” ujarnya.

Ditanya sosok pejabat yang ditugaskan sebagai Plt Kadis Perkim Bintan. Rony mengaku tidak bisa membeberkannya dan meminta awak media menunggu SK tersebut diterbitkan.

“Sebentar lagi SK-nya keluar. Tunggu dulu ya. Kalau untuk selanjutnya kita ikuti aturannya seperti apa,”

Jika SK itu sudah keluar maka secara otomatis tersangka Hery Wahyu dinonaktifkan dari jabatannya selaku Kadis Perkim Bintan.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Bintan menetapkan Kepala Dinas (Kadis) Perkim Bintan Hw sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan lahan TPA Tanjung Uban yang merugikan daerah Rp2,44 miliar.

Atas penetapan itu, Tersangka Hw bersama dua tersangka lain Sp dan As juga dilakukan penahanan di Sel Polres Bintan.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.