Hari Anak Nasional, 33 Anak di Kepri Dapat Remisi, Dua Anak Langsung Dibebaskan

Hari Anak Nasional 2022, Satu dari 33 Anak di Kepri memperoleh Remisi, Dua Anak diantaranya Langsung bebaskan (Foto:Kanwil-Hukum HAM Kepri)
Hari Anak Nasional 2022, Satu dari 33 Anak di Kepri memperoleh Remisi, Dua Anak diantaranya Langsung bebaskan (Foto:Kanwil-Hukum HAM Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 33 Narapidana (Napi) anak di Provinsi Kepri mendapatkan Remisi Anak Nasional (RAN). Dua diantaranya langsung bebas dan langsung keluar.

Penyerahan remisi pada Anak bermasalah hukum di Kepri ini,dilakukan sempena Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya.

Kementerian Hukum dan HAM Kepri merayakan HAN 2022 dengan memberikan Remisi atau pengurangan masa tahanan pada anak bermasalah hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Batam, pada Sabtu (23/7/2022).

Kasubag Humas Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Octaveri, mengatakan RAN ini sesuai dengan Undang-Undang RI No 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Kemudian, peraturan menteri hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 07 Tahun 2022.

“Remisi ini merupakan remisi yang diberikan oleh Negara atas dasar Kemanusiaan dengan tujuan, untuk kepentingan masa depan anak yang bersangkutan, mengurangi beban psikologis dan mempercepat integrasi,” ujarnya.

Pemberian Remisi dilakukan untuk anak yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif serta telah menjalani pidana lebih dari 3 bulan dan belum berumur 18 tahun.

“Ada 33 napi anak di Kepri yang mendapatkan remisi, 2 orang anak diantaranya bebas langsung (RAN II),” kata Octa.

Di LPKA Kelas II Batam lanjutnya, ada 24 orang yang mendapatkan remisi, dengan besaran 1 bulan hingga 3 bulan. Dari jumlah itu, 2 orang anak langsung dibebaskan.

Kemudian di Lapas Kelas II Dabo Singkep ada 3 orang anak yang mendapat remisi pengurangan tahanan selama 1 bulan. Selanjutnya di Rutan Kelas II B Tanjung Balai Karimun 4 orang yang mendapat remisi juga diberi pengurangan tahanan.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.