maulidnabidewan

Kelompok Tani Desa Kuala Raya Mulai Panen Usaha Tani Dari Modal Dana Desa

Kelompok Tani Desa Kuala Raya Mulai Panen Usaha Tani Dari Modal Dana Desa
Kelompok Tani desa Kuala Raya mulai panen usaha Tani dari modal Dana Desa. (foto:Aulia) 

PRESMEDIA.ID, Lingga -Desa Kuala Raya Kecamatan Singkep Barat, terus melakukan langkah untuk mensejahterakan masyarakat melalui kelompok Tani pertanian, peternakan dan usaha UMKM melalui bantuan Dana Desa (DD).

Kepala Desa (Kades) Sapaan Mis, mengatakan saat ini terdapat sebanyak empat kelompok Tanian dan satu kelompok Ternakan Ayam Daging di kampungnya, yang melakukan usaha yang didanai dari modal Dana Desa (DD).

Hal ini katanya, sesuai dengan peruntukan dana yang harus menyisihkan 20 persen alokasi Dana Desa (DD) untuk usaha pertanian dan usaha lain masyarakat.

“Untuk bantuan usaha  dari dana DD ini, Kami sebagai Kepala Desa harus serius dan selektif memilih siapa yang berhak menerima, dan usaha yang ditekuni sesuai dengan kegiatan dan fakta dilapangan,” sebutnya.

Mis juga mengatakan, sebelum memberi bantuan pada masyarakat-nya, Pihaknya juga benar-benar menyeleksi masyarakat calon penerima dengan langsung melakukan kroscek usahanya ke lapangan.

“Karna kepala desa sebagai penanggung jawabnya, walau bagaimanapun harus mempertanggungjawabkan bantuan yang diberikan, dan dalam pemberian, semua ada dokumentasinya baik transaksi barang yang benar-benar sampai ke masing Ketua Kelompok,” ujarnya.

Setelah pemberian Modal, lanjut Mis, pihaknya juga melakukan bimbingan dan pendampingan hingga pertanian dan usaha yang dilakukan warganya berhasil Panen.

“Masa tanam dan kondisi usaha yang digeluti juga kita dampingi dan kita lihat sebagai salah satu dukungan kegiatan sehingga ketika tim audit turun, berkas kita juga lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Usaha kelompok Tani Desa Kuala Raya saat ini lanjut Mis, juga telah berhasil mengembangkan usaha kelompok tani sayur kangkung, Kacang panjang dan tanaman cabe rawit. Sedangkan untuk peternakan, dalam waktu dekat kelompok Tani ternak Ayam ini, dalam waktu dekat akan melakukan panen ayam dengan berat  2 kilo gram per ekor untuk dijual,” sebutnya.

Melalui usaha Kelompok Tani bantuan DD itu Mis juga mengaku telah menyukseskan program kegiatan ketahanan pangan pemerintah atas usaha kelompok tani desanya.

Penulis:Aulia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.