Pemprov Kepri Dapat BKN Award 2022, Ansar Berharap Jadi Pemacu Kinerja ASN Lebih Baik

Gubernur provinsi Kepri Kepri, wali kota Tanjungpinang serta Kabupaten Bintan memperoleh penghargaan BKN Award 2022
Gubernur provinsi Kepri Kepri, Wali kota Tanjungpinang serta Asisten III Kabupaten Bintan saat menerima penghargaan BKN Award 2022. (Foto:humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah provinsi Kepri Kepri mendapat 2 penghargaan, dalam ajang BKN Award 2022. Kedua penghargaan itu, adalah peringkat kedua Kategori Penilaian Kompetensi dan peringkat ketiga Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja ASN.

Selain pemerintah Provinsi Kepri, Pemko Tanjungpinang serta Pemkab Bintan juga menerima BKN Award kategori peringkat pertama Penerapan Pemanfaatan Data, Sistem Informasi CAT dan Pemkab Bintan peringkat kedua Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai.

Penyerahan BKN Award ini disejalankan dengan penyerahan Dokumen Standar Kompetensi Jabatan oleh Kepala BKN Kantor Regional XII Pekanbaru, Anna Hasanudin kepada Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad di Aula Wan Seri Beni Dompak, Kamis (4/8/2022).

Sedangkan Dokumen Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Provinsi Kepulauan Riau sebagai pedoman dalam menyelenggarakan manajemen ASN diserahkan kepala BKN kepada Gubernur Kepri.

Gubernur Ansar juga diberi penghargaan atas partisipasinya dalam Pelaksanaan Rakornas BKN Juli 2022 yang lalu di Batam. BKN Award dan Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Utama BKN RI Imas Sukmariah.

Gubernur Ansar mengatakan, penyusunan Standar Kompetensi Jabatan merupakan perwujudan dari manajemen Aparatur Sipil Negara sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam pengembangan karier ASN yang dilakukan berdasarkan kualifikasi kompetensi, penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar melanjutkan, penyusunan standar kompetensi jabatan merupakan salah satu langkah penting dalam melakukan Reformasi Birokrasi. Termasuk Sumber Daya Manusia yang merupakan aset yang harus dikelola dengan baik agar visi, misi, tujuan serta sasaran Kepala Daerah dapat tercapai.

Rangkaian pelaksanaan penyusunan Standar Kompetensi Jabatan ini dilaksanakan secara kolaboratif sebagai wujud nilai dasar core values BerAKHLAK yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal adaptif dan kolaboratif.

“Dengan terbentuknya Tim Standar Kompetensi Jabatan, SDM yang berkompeten dapat terpilih dengan proses yang benar” ungkapnya.

Memang dalam penyusunan Dokumen Standar Kompetensi Jabatan ini, Biro Organisasi berkolaborasi bersama Inspektorat, BKD dan Korpri, BPSDM, Diskominfo serta Biro Hukum Provinsi Kepri, dan difasilitasi oleh BKN Kantor Regional XII Pekanbaru.

Gubernur Ansar juga berharap, dengan kompetensi dan penghargaan yang diberikan, akan menjadi pemacu untuk kinerja ASN yang lebih baik lagi serta melalui bimbingan secara terus menerus oleh BKN.

“Semoga menjadi motivasi dalam peningkatan kualitas pengelolaan ASN dengan harapan dapat dipertahankan dan ditingkatkan” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Tanjungpinang Rahma, Plt. Bupati Bintan yang diwakili Asisten III Kartini, serta Para Kepala OPD Pemprov Kepri, Pemkab Bintan, dan Pemko Tanjungpinang.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.