Ekonomi Kepri Pada Triwulan II-2022 Tumbuh 5,01 persen

Aktivitas bongkar muat pelabuhan Pelantar II Tanjunpinang. (foto: ismail/presmedia.id)
Aktivitas bongkar muat pelabuhan Pelantar II Tanjunpinang. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ekonomi Kepulauan Riau pada triwulan II-2022 (y-on-y) tumbuh sebesar 5,01 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan II (April-Juni) ini, terjadi dari sisi lapangan usaha kategori perdagangan besar dan eceran, seperti Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, yang memiliki andil pertumbuhan sebesar 1,67 persen.

Kemudian kategori pertambangan dan penggalian memberikan andil pertumbuhan sebesar 1,10 persen.

Dari sisi pengeluaran, Komponen Net Ekspor Kepri memiliki andil dengan pertumbuhan sebesar 2,41 persen dan Komponen PK-RT dengan andil sebesar 1,93 persen.

“Dibandingkan triwulan I-2022 (q-to-q) Ekonomi Kepulauan Riau triwulan II-2022 tumbuh sebesar 2,13 persen,” kata BPS sebagai mana dikutip dari bps.kepri.go.id.

Sedangkan dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi Kepri disebabkan oleh kategori Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan andil sebesar 1,15 persen, kemudian diikuti dengan kategori Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor yang memiliki andil pertumbuhan sebesar 1,01 persen.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran, komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah memberi andil pertumbuhan terbesar 2,03 persen, diikuti oleh komponen PK-RT dengan andil sebesar 1,58 persen.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.