maulidnabidewan

OPD Banyak Gelar Kegiatan Seremoni Wabup Lingga Ajak APH dan LSM Lakukan Pengawasan

Wabup Lingga ajak Aparat Penegak Hukum (APH), LSM atau Ormas serta Media, awasi Kinerja OPD di Lingga
Wabup Lingga Neko Wesha Pawelloy mengajak Aparat Penegak Hukum (APH), LSM atau Ormas serta Media untuk awasi kinerja OPD di kabupaten Lingga, Rabu (10/8/2022)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengatakan akan melibatkan berbagai pihak, baik itu Aparat Penegak Hukum (APH), LSM atau Ormas serta Media, untuk mengawasi Kinerja OPD di Lingga dalam pelaksanaan program pembangunan.

Pelibatan sejumlah pihak itu kata Neko, sebagai bentuk transparansi Pemerintah dalam mengelola Keuangan, pelaksanaan pembangunan, hingga dapat terlaksana dengan tepat sasaran.

“Selain meningkatkan pengawasan internal, pengawasan ekstra juga perlu kita tingkatkan melalui peran serta semua pihak untuk ikut mengawasi, agar program-program yang terlaksana tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya  Rabu (10/8/2022).

Dirinya menyatakan kewenangan sebagai Wakil Bupati sesuai yang tertera dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, adalah melakukan pengawasan dan memastikan kinerja dari pemerintah daerah agar benar-benar berjalan dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak.

“Kita akui, saat ini kondisi ekonomi di kabupaten kita mengalami penurunan ditengah gempuran ekonomi global, berbagai persoalan yang dihadapi seharusnya OPD bekerja lebih maksimal lagi dan mengutamakan kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Dalam beberapa informasi yang diperoleh, dirinya mendapati beberapa temuan-temuan di lapangan tentang penyelenggaraan kegiatan yang tidak sesuai yang diharapkan.

Bahkan Neko menyebut, mendapat kabar ada oknum-oknum OPD yang mencoba bermain-main dengan kegiatan di OPD-nya untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Ini tentunya harus kami cek kebenarannya  dan nanti kita akan libatkan APH, teman-teman media, LSM dan Ormas untuk ikut mengontrol dan akan kita Publikasikan sejauh mana kinerja teman-teman OPD kita di lapangan,” jelasnya.

Persoalan ekonomi lanjutnya, saat ini begitu komplit dan seharusnya membuat semua ASN-OPD Peka.

Namun terjadinya berbagai persoalan, seperti, tidak jalannya kapal dari Lingga akibat kelangkaan BBM, serta kegiatan OPD-nya yang terkesan banyak seremonial dan jarang turun ke lapangan mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat, hingga membuat-nya untuk meningkatkan pengawasan.

“Kita lihat sendiri persoalannya begitu banyak, tapi yang kami lihat di lapangan, teman-teman di OPD banyak membuat kegiatan seremonial dan sangat jarang turun kelapangan untuk mencarikan solusi. Untuk itu, kita ajak semua pihak mengawasi karena ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat kita,” ujarnya.

Penulis:Aulia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.