BPBD dan Dinsos Serahkan Bantuan ke 20 KK Korban Angin Puting Beliung di Desa Toapaya Bintan

Kepala BPBD Bintan Ramlah menyerahkan bantuan sembako dan peralatan rumah ke korban bencana angin puting beliung. (Foto: Hasura)
Kepala BPBD Bintan Ramlah menyerahkan bantuan sembako dan peralatan rumah ke korban bencana angin puting beliung. (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) korban bencana angin puting beliung di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya mendapatkan bantuan sembako dan peralatan rumah tangga, Selasa (6/9/2022).

Bantuan tersebut diberikan oleh Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan dan Dinas Sosial (Dinsos) Bintan. Selain itu rumah mereka yang rusak juga akan segera diperbaiki.

Kepala BPBD Bintan, Ramlah, mengatakan data terakhir di lapangan ada 20 KK yang menjadi korban angin puting beliung. Mereka berasal dari tiga perkampungan yaitu Kampung Mantrust, Kampung Simpangan, dan Kampung Rawabangun.

“Korban di Kampung Rawabangun ada 14 KK, Kampung Simpangan ada 3 KK dan Kampung Mantrust ada 3 KK,” ujar Ramlah.

Dari 20 KK yang terdata sebagai korban bencana, 1 KK mengalami kerugian yang besar karena rumahnya beserta isinya rusak parah. Korban adalah Dicky Zulkarnaen (26) yang tinggal bersama 4 orang sanak keluarganya.

Rumahnya di Perum Cendana Residence Nomor 40 Jalan Mangga Kampung Rawa Bangun itu mengalami kerusakan di bagian atap serta TV, lemari, kompor dan barang lainnya. Sehingga korban bersama sanak keluarganya harus mengungsi.

Sementara rumah yang ditempati 19 pemilik KK lainnya mengalami rusak ringan. Yaitu bagian atap mereka pecah akibat dihantam dan terbawa angin.

“Jadi ketika hujan lebat disertai angin kencang dan petir itu Dicky dan 4 orang keluarganya berada di dalam rumah. Lalu seluruh atap rumahnya dibawa angin sehingga isi barang rumahnya terkena hujan. Namun mereka semua baik-baik saja,” jelasnya.

BPBD telah memberikan bantuan sembako dan peralatan rumah kepada korban bencana. Untuk sembako berupa beras, gula, susu, roti, mie instan, minyak dan banyak lagi.

“Untuk bagian rumah yang rusak sudah didata. Mereka akan dapatkan bantuan perbaikan rumah namun harus mengajukan proposal dulu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Bintan, Syamsul, mengatakan pihaknya sudah memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung.

“Tadi malam kita sudah serahkan bantuan itu. Diserahkan secara langsung oleh Tagana Bintan ke korban bencana,” ucapnya.

Bantuan yang diberikan dari Dinsos Bintan itu berupa kebutuhan pokok. Diantaranya beras, makanan siap saji, makanan anak, dan selimut. Selain itu juga Tagana Bintan membantu para korban membersihkan rumah yang rusak akibat diterpa angin puting beliung.

“Saat ini cuaca ekstrim. Maka kita melalui Tagana Bintan selalu siaga,” tutupnya.(Hasura)

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.