Kapal Tol Laut KM. Logistik Kembali Berlabuh Dari Kijang ke Jawa dan Pulau di Kepri

Kadisperhubungan Kepri Junaidi (Foto: Hasura)
Kadisperhubungan Kepri Junaidi (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kapal Tol Laut, KM. Logistik 4 kembali berlabuh dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang kabupaten Bintan, Sabtu (17/9)2022).

Kapal kargo dengan Trayek (T3) ini, tiba di Bintan dari Pelabuhan Patimban Subang, Provinsi Jawa Barat dan akan melayani pengangkutan Kargo Kontainer dari Kijang-Tarempa-Natuna.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri Junaidi, mengatakan KM. Logistik beroperasi setelah sebelumnya 2 tahun vakum akibat pandemi Covid.

Dengan keberadaan Kapal KM. Logistik 4 ini, akan melayani pengangkutan orang dan kargo akan dapat meningkatan sektor ekonomi, khususnya kebutuhan bahan pokok dan penting (Bapokting) seperti material besi, semen, ayam beku, buah-buahan dan mineral ke sejumlah pulau di Kepri.

“Selain pengakuan orang, KM. Logistik milik PT. Pelni ini juga mampu mengangkut 100 kontainer barang untuk memenuhi kebutuhan pulau terluar di Kepri,” ujar Junaidi.

Sementara barang yang diturunkan di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang ada 5 kontainer. Yaitu 4 kontainer berisikan Semen PT. Gersik seberat 80 Ton dan 1 kontainer Mangga Indramayu seberat 1,2 Ton.

“Kemarin rencananya mau bawa minyak goreng juga. Tapi keburu berlayar jadi keberangkatan selanjutnya akan bawa minyak goreng ke Kepri,” jelasnya.

Untuk barang yang dikirim dari Kepri ke Patimban juga merupakan hasil laut seperti komoditas ikan berbagai jenis sebanyak 7 kontainer.

“Dengan adanya Kapal Kargo ini, akan memudahkan sektor perdagangan dalam pengiriman barang baik dari Jawa ke sejumlah pulau di Kepri dan sebaliknya,” kata Junaidi.

Sesuai dengan Jadwal, KM.Logistik akan sampai kembali ke Bintan dalam waktu 22-23 hari mendatang. Jika pasokan semakin banyak pihaknya akan meminta ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) penambahan.

“Akan diusahakan barang dari Bintan akan dikirimkan ke Patimban pada jadwal selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kepri, Aries Fhariandi, mengatakan dengan hadirnya KM. Logistik 4 ini semua komoditas pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kepri akan bisa didistribusikan dengan sangat mudah dan merata.

“Termasuk diantaranya untuk masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil, dan terluar Indonesia. Seperti Anambas, Natuna dan termasuk Pulau Bintan,” sebutnya.

Dengan Kapal Tol Laut yang disubsidi pemerintah ini akan mampu menekan harga dan menjamin ketersediaan barang. Karena pasokan barang dari Pulau Jawa ke sini berjalan lancar dan biaya logistik lebih murah 80 persen dibandingkan dengan komersial.

Selain itu adanya tol laut maka akses pelaku usaha di Indonesia untuk mencapai pasar yang lebih luas akan semakin mudah.

“Menyediakan bapokting itu membantu menstabilkan harga juga. Tentunya juga dapat mengendalikan inflasi,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.