Pantau Harga Pasar Disperindag Klaim Harga Cabe Turun Tapi Harga Sayur Melonjak

Kepala Disperindag Kepri, Aries Fhariandi dan Disperindag Bintan serta Satgas Pangan Bintan tinjau pasokan dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Barek Motor Kijang. (Foto: Hasura)
Kepala Disperindag Kepri, Aries Fhariandi dan Disperindag Bintan serta Satgas Pangan Bintan tinjau pasokan dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Barek Motor Kijang. (Foto: Hasura)

PRESMEDIA ID, Bintan – Disperindag Kepri dan Disperindag Bintan memantau ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Barek Motor Kijang Bintan Timur, Sabtu (17/9/2022).

Dari hasil pantauan, harga cabai mengalami penurunan sementara harga sayuran naik dan ketersediaan kedua pasokan atas dua komoditi pangan itu dikatakan masih aman.

Kepala Disperindag Kepri Aries Fhariandi, mengatakan untuk harga cabai mengalami penurunan. Seperti cabai merah yang awalnya Rp. 100 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp. 74 ribu. Begitu juga cabai rawit yang awalnya Rp. 86 ribu saat ini Rp. 54 ribu.

“Cabai hijau harganya juga turun dari Rp. 65 ribu kini dijual Rp. 54 ribu. Sementara cabai kering harganya tetap Rp. 72 ribu. Namun Cabai setan harganya naik dari Rp.  115 ribu menjadi Rp. 120 ribu,” katanya saat meninjau Pasar Barek Motor Kijang.

Kenaikan harga cabai ini, sempat terjadi akibat kenaikan BBM sehingga Disperindag Kepri dan Bintan bekerjasama dengan dinas lain dan distributor melakukan monitoring.

“Harga cabai di Bintan itu paling murah dibandingkan daerah lainnya di Kepri. Itu semua berkat kerjasama semua pihak,” jelasnya Aries Fhariandi.

Namun untuk sayuran lanjutnya, mengalami kenaikan. Hal itu disebebkan cuaca yang mengalami curah hujan yang tinggi. Sehingga para petani gagal panen dan sayuran yang mereka tanam banyak yang rusak.

Seperti sayur bayam naik Rp. 4 ribu per Kg dari awalnya Rp. 14 ribu kini dijual Rp. 18 ribu. Kemudian Sayur Kangkung dari Rp. 9 ribu per Kilogram saat ini dijual Rp. 14 ribu.

Kentang Medan awalnya Rp. 13 ribu kini dijual Rp. 15 ribu, kacang panjang awalnya Rp. 10 ribu menjadi Rp. 14 ribu dan timun yang awalnya Rp. 9 ribu kini dijual Rp. 10 ribu.

“Ada juga yang harganya tetap seperti Kol Rp. 13 ribu, Wortel Rp. 18 ribu, Tomat Rp. 16 ribu, Terong Rp. 16 ribu. Sementara yang turun sawi minyak dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 16 ribu, buncis dari Rp. 24 ribu menjadi Rp. 22 ribu dan Brokoli dari Rp. 48 ribu menjadi Rp. 45 ribu,” ucapnya.

Untuk harga bawang tetap. Seperti bawang putih Rp 28 ribu, bawang India Rp. 16 ribu, bawang Jawa Rp. 36 ribu dan bawang Bombay Rp. 20 ribu.

Kalau untuk daging sapi segar mengalami kenaikan Rp. 10 ribu per Kg. Dari Rp. 150 ribu kini menjadi Rp. 160 ribu. Sedangkan daging sapi beku harganya turun dari Rp. 85 ribu per Kg menjadi Rp. 70 ribu.

“Kami akan terus memantau agar ketersediaan aman dan harga stabil. Sehingga dapat menekan inflasi,” tutupnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.