Polsek KKP Batam Ringkus Penyelundupan PMI Ilegal Malaysia

Pelaku penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia berinisial RN diamankan di Polsek KKP Batam (Foto: Polsek KKP Batam)
Pelaku penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia berinisial RN diamankan di Polsek KKP Batam (Foto: Polsek KKP Batam)

PRESMEDIA.ID, Batam – Polsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam meringkus RN terduga pelaku penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, sekitar pukul 14.00 WIB, Kamis (14/9/2022) kemarin.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Polresta Barelang Batam AKP Awal Sya’ban Harahap, mengatakan penangkapan terhadap RN dilakukan atas laporan warga yang menyebut, salah satu anggota keluarganya inisial DP menjadi korban pengiriman PMI secara ilegal yang akan diberangkatkan ke Malaysia untuk bekerja.

“Karena keluarga korban khawatir atas keselamatan keluarganya yang akan dipekerjakan di Malaysia, selanjutnya keluarga korban membuat laporan,” ungkap Awal, Senin (19/9/2022).

Atas aduan masyarakat itu, selanjutnya polisi melakukan koordinasi dengan pos Imigrasi untuk menemui korban DP di ruang tunggu keberangkatan pelabuhan.

“Setelah korban kita amankan ke pos, selanjutnya dimintai keterangan, ternyata korban tidak dilengkapi dengan dokumen-dokumen resmi sebagai pekerja migran,” jelasnya.

Kemudian tidak beberapa lama, pelaku RN datang dan mengaku sebagai pengurus keberangkatan korban sebagai PMI ilegal di Malaysia.

Atas pengakuan itu, Polisi akhirnya mengamankan RN di ruang tunggu Pelabuhan tersebut.

“Pelaku kita amankan saat itu di Pelabuhan dan untuk pemeriksaan lebih lanjut dibawa ke Polsek KKP Batam guna pemeriksaan,” pungkasnya.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.