Informasi Kapal PMI Tenggelam di Malaysia Disampaikan PMI Selamat Junaidi

Kapal Kayu diduga Kapal PMI illegal yang tenggelam di Laut Johor Malaysia. (Foto: Tangakapn Youtube)
Kapal Kayu diduga Kapal PMI illegal yang tenggelam di Laut Johor Malaysia. (Foto: Tangakapn Youtube)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Informasi kapal Pekerja Migran Indonesia (PMI) tenggelam di perairan Johor Bahru Malaysia, pertama kali disampaikan salah satu PMI bernama Junaidi yang mengaku sebagai salah satu korban selamat .

Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kepri Kombes Pol Amingga M.Primastito, mengatakan informasi kapal PMI tenggelam itu disampaikan Junaidi dengan  menghubungi Emergency Call pihak Maritim Malaysia.

“Informasi awal adanya kapal PMI tenggelam ini disampaikan korban bernama Junaidi melalui Emergency Call ke pihak Maritim Malaysia, Ia mengatakan kapal speed boat PMI karam di Perairan Batu Putih Malaysia,” ujar Amingga M.Primastito pada wartawan di Tanjungpinang Selasa (20/9/2022).

Melalui Emergency Call Maritim Malaysia, Junaidi juga menginformasikan, bahwa sebelum karam, kapal yang ditumpanginya berangkat dari Malaysia mau menyeberang ke Batam-Indonesia.

“Speed boat dari Malaysia itu dikatakan membawa 10 PMI non prosedural,” ungkap Primastito lagi.

DAtas informasi itu, saat ini BP3MI masih terus melakukan koordinasi dengan KJRI untuk meminta kebenaran kejadian serta identitas lengkap Junaidi.

Related Posts

Hal itu dilakukan, agar BP3MI Kepri dapat melakukan pengecekan asal Junaidi di Indonesia serta kewargaanya dari mana.

“Kami telah mengecek ke KJRI dan penguat Maritim di Malaysia. Tetapi sampai saat ini, Junaidi itu belum diketahui entah dimana. Dia yang melapor tapi posisinya juga tidak tahu dimana,” papanya.

Saat ini lanjutnya, pihaknya masih menunggu informasi kebenaran kejadian ini apakah benar atau tidak.

“Karena terakhir kita diberi tahu dari konsulat, Pihak Maritim Malaysia juga menyatakan belum menemukan adanya tanda-tanda kapal karam,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapal yang mengangkut Pekerja Migran Indonesia (PMI), dikabarkan tenggelam di Perairan Johor Bahru Malaysia, Senin (19/9/2022) dini hari.

Informasinya, kapal tersebut mengangkut 10 PMI yang mau menyeberang dari Malaysia melalui Perairan Batu Putih ke Indonesia. Namun setibanya di Tenggara Tanjung Penyusop kapal tenggelam.

Penulis :Roland
Editor   :Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.