World Tourism Day BRC dan Pengelola Hotel di Lagoi Tanam Ribuan Mangrove dan Gotong Royong Bersihkan Sampah

Managemen BRC dan pengelola hotel di Lagoi menanam Mangrove pada peringatan World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia di Bintan Selasa (27-9-2022).
Managemen BRC dan pengelola hotel di Lagoi menanam Mangrove pada peringatan World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia di Bintan Selasa (27-9-2022).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Peringati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day, Perusahaan pengelola kawasan wisata terpadu di Lagoi PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) menggelar bakti lingkungan, penanaman 1.000 pohon bibit bakau (Mangrove) dan gotong royong membersihkan sungai dari sampah di Kawasan Pariwisata Lagoi Selasa (27/9/2022).

Penanaman ribuan pokok bibit Bakau itu dilakukan General Manager (GM) Admin dan Finansial PT. BRC Hebron Habeahan, GM. Operasional PT BRC Prakash Nair dan Kasi PMD Kecamatan Teluk Sebong Sunarmi serta Kades Sebong Lagoi Ramlan, TNI dan Polres Bintan bersama perwakilan perusahaan perhotelan di Lagoi di Pantai Terminal Ferry Bandar Bentan Telani (BBT).

Usai melakukan penanaman bibit Bakau, rombongan Bhakti Lingkungan dalam peringatan hari Hari Pariwisata Dunia ini, selanjutnya bertolak menggunakan boat dari Jetty Mangrove ke Sebong Pereh melakukan gotong royong pembersihan sampah di Sungai Sebong.

General Manager (GM) Admin dan Finansial PT. BRC Hebron Habeahan, mengatakan tahun ini, Indonesia sangat beruntung, karena menjadi tuan rumah World Tourism Day, Acara peringatan secara nasional dan internasional dipusatkan di Nusa Dua Bali.

“Sementara untuk di Kabupaten Bintan, PT. BRC menggelarnya dengan menanam mangrove dan bersih-bersih sungai,” ujarnya.

PT. BRC selaku pengelola kawasan wisata terpadu Lagoi-Bintan lanjutnya, selalu berkomitmen untuk fokus ke aspek lingkungan dan kebersihan. Salah satunya dengan membentuk komunitas Green Initiative pada 2018 lalu.

“Komunitas ini yang memperhatikan lingkungan. Baik kelestarian, limbah dan lainnya,” ujarnya.

Sampai dengan hari ini kata Hebron, pihaknya juga sudah menanam 23.960 pohon lebih bibit bakau dan 60 persen dari yang ditanam, saat ini berhasil tumbuh dan berkembang.

Related Posts

Seluruh perusahaan di kawasan Lagoi lanjutnya, juga sangat sadar, bahwa bakau sangat membantu menghindari erosi dan keamanan dalam meminimalisir dampak gelombang laut.

“Kami juga mengajak semua stakeholder untuk menjaga dan memelihara serta membuat tempat di mana kita tinggal lebih baik lagi,” katanya.

Momen ini juga diambil oleh UNWTO sebagai hari pemulihan dari Pandemi Covid-19, yang mengakibatkan seluruh dunia dan sektor pariwisata sejak Maret 2020 tertidur bahkan mati suri, akibat diberlakukan protokol kesehatan (prokes) dan seluruh negara menutup akses pariwisatanya.

“Jadi UNWTO mengambil momen World Tourism Day ini, sebagai hari pemulihan dan kebangkitan. Tidak ada lagi pembatasan dan tak ada lagi orang yang jenuh melainkan bisa berpergian dan berkumpul serta berpartisipasi dalam kegiatan apapun,” sebutannya.

Hebron juga mengatakan, dengan semakin pulihnya pandemi Covid-19,saat ini terminal Ferry BBT Lagoi dan sejumlah hotel di Lagoi, sudah bisa menerima tamu internasional.

“Mereka bisa bebas datang dan kembali ke kawasan wisata Lagoi-Bintan ini, dan kami dengan senang hati akan menjamu setiap wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Disisi lain, PT. BRC lanjut Hebron, juga terus berkomitmen menyelenggarakan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan program ini, Bintan Resorts sebagai pengelola kawasan, tidak hanya menyediakan fasilitas dan memikirkan tamu yang datang, tapi juga memikirkan tentang pariwisata yang berkelanjutan.

“Hal itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Permen Parekraf) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Sustainability Tourism, dengan fokus utama pada aspek kebersihan, kelestarian lingkungan dan pengembangan wisata,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.