Kunjungan Wisman Terus Meningkat, Dispar Kepri Optimis Target 1 Juta Wisman Kepri 2022 Tercapai

Wisatawan manca negara tiba di Lagoi
Wisman tiba di Lagoi sebelum pandemi covid-19. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Seiring dengan semakin landai dan menurunnya kasus Pandemi Covid-19 di Kepri dan sejumlah negara. Aktivitas bepergian wisatawan ke sejumlah destinasi wisata khususnya di Kepri setiap bulan terus meningkat.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau pada Juli 2022 sebanyak 80.215 orang.

Jumlah ini, mengalami peningkatan 39,58 persen dibanding bulan Juni 2022 dan meningkat 49.722,98 persen dibandingkan dengan kunjungan wisman pada Juli 2021.

Dengan peningkatan kunjungan wisman ini, Pemerintah Provinsi Kepri melalui dinas pariwisata, mengaku optimis target 1 juta orang wisman yang berkunjung ke Kepri 2022 akan tercapai.

Plt. Kepala dinas pariwisata Provinsi Kepri Luky Zaiman Prawira, mengatakan, hal itu tergambar dari signifikannya peningkatan kunjungan setiap bulan dan semakin menggeliatnya sejumlah kawasan wisata di provinsi Kepri.

“Mudah-mudahan dengan peningkatan kunjungan per bulan ini, target 1 juta wisman ke Kepri 2022, hingga akhir tahun ini. Iya, karena saya lihat statistiknya per bulan ini juga terus naik,” ujarnya di Tanjungpinang Selasa (27/9/2022).

Luky juga mengatakan, berdasarkan data statistik yang diamati, kenaikan jumlah kunjungan wisman ke Kepri itu terjadi sejak Mei 2022. Hal itu disebabkan, pada Januari-April 2022 jumlah kasus pandemi Covid-19 saat itu masih tinggi dan sejumlah negara menetapkan lockdown atau penutupan pintu masuk dan keluar bagi warga negaranya.

“Nah dari Mei hingga April-Juli 2022, kondisinya mulai membaik. Bahkan, dalam tiap bulan itu kunjungan wisman ke Kepri sudah mencapai 80 ribu. Jadi perhitungan kami dengan kunjungan 100 ribu perbulan hingga akhir tahun ini, maka target 1 juta kunjungan wisman ke Kepri tahun ini juga akan tercapai,” sebutnya.

Asisten II provinsi Kepri juga mengatakan, dalam mencapai target itu, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bersama dengan seluruh pelaku pariwisata, saat ini juga melakukan promosi bahwa Pariwisata Kepri saat ini sudah aman dan baik.

“Hal itu juga kita tandai dengan pelaksanaan berbagai event lokal, nasional dan internasional, seperti penyelenggaraan Tour de Bintan dan kegiatan lainya,” ujar Luky.

Event di tingkat lokal dan Nasional sebut Luky, juga dilakukan seperti pada HUT Provinsi Kepri ke-20, pemerintah juga menggelar event, seperti pagelaran seni, lomba sepeda sehat, lomba akustik, lampion dan sebagainya. Hal ini, bertujuan, untuk menunjukan bahwa destinasi pariwisata Kepri sudah kembali menggeliat.

“Jadi rangkaian-rangkaian itu terus kita lakukan dan di beberapa kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama, disamping promosi destinasi pariwisata Kepri yang terus kita coba lakukan,” sebutnya.

Sejumlah kegiatan ini, ujar mantan Kadis Pariwisata Bintan, untuk meyakinkan wisatawan dari negara-negara lain khususnya dari Singapura, Malaysia, agar berwisata ke Provinsi Kepri.

Sedangkan untuk promosi di tingkat Nasional dan Internasional, diakui Luky memang agak kurang, mengingat kondisi Pandemi di dalam negeri saat ini juga belum sepenuhnya pulih.

“Untuk Internasional kita kan memang belum, karena kemarin Covid, kita belum mengagendakan untuk promosi ke luar negeri. Tapi secara tidak langsung kita juga melakukan pendekatan-pendekatan ke sejumlah negara, melalui kegiatan kunjungan yang kita lakukan,” ujarnya.

Salah satunya, sebut Plt. Kadispar Kepri ini, dalam waktu ini kita juga mendapat undangan dari Halal Tourism Johor. Gubernur diundang khusus dan akan bertemu dengan menteri besar membahas kerjasama pariwisata antara Johor dan Kepri.

“Demikian juga dengan Singapura, pak Gubernur juga sudah bertemu dengan Menteri Dalam, juga sudah membahas peningkatan kerjasama pariwisata kembali di wilayah kita” pungkasnya.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.