Dilantik Jadi Bupati, Roby Kurniawan Segera Lanjutkan Program Visi-Misi-nya

Usai dilantik Bupati Bintan Roby Kurniawan akan segera lanjutkan Visi dan Misi Bintan Rumah Kita, Hal itu dikatakan Roby ada sejumlah wartawan usai dilanti di Gedung daerah Senin (3/9/2022)
Usai dilantik Bupati Bintan Roby Kurniawan akan segera lanjutkan Visi dan Misi Bintan Rumah Kita, Hal itu dikatakan Roby ada sejumlah wartawan usai dilanti di Gedung daerah Senin (3/9/2022) (Foto:Presmedia)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan akan segera melakukan sejumlah tugas dan pekerjaannya sebagai Bupati untuk meneruskan visi dan misi-nya dengan mantan Bupati Bintan Apri Sujadi menjadikan “Bintan Rumah Kita”.

“Ya, yang pertama terimakasih kami ucapkan kepada pak Mendagri dan juga Pak Gubernur yang baru saja melantik kami pada pagi hari ini untuk melanjutkan sisa masa jabatan sebagai Bupati Bintan 2021-2024,” ujar Roby Kurniawan usai dilantik, ada sejumlah wartawan di Tanjungpinang Senin (3/9/2022).

Sebagai Bupati dengan visi dan misi yang diemban, Roby mengatakan, akan fokus pada program pemulihan ekonomi dan percepatan pembangunan pasca Pandemi Covid.

“Untuk program percepatan pembangunan, kami juga sudah dicanangkan pada 2023 sebagai tahun Perlindungan. Program ini Insyaallah akan kami jalankan dengan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan, sebagai jaminan pada pekerja rentan, Nelayan, Buruh Tani, Tukang ojek, Pegawai toko dan lain-lain. Alokasi anggarannya akan kami siapkan di APBD 2023 tahun depan,” sebutnya.

Program ini lanjutnya, menjadi salah satu penunjang dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada pekerja dalam menyukseskan program recovery Ekonomi.

Selain itu, pemerintah kabupaten Bintan dikatakan Roby, juga akan terus menggalakan ekonomi kerakyatan dengan pemberian bantuan stimulus tanpa bunga 0 persen pada UMK.

Selain itu, pemerintah kabupaten Bintan juga akan memperbanyak program-program padat karya tunai, termasuk dari program pokok-pokok pikiran DPRD yang akan terus didorong.

“Tujuannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Jabatan Sekda Bintan Definitif Segera di Lelang

Selain sektor pembangunan, Roby juga menyebut akan segera menata administrasi aparatur SDM-nya di kabupaten Bintan melalui lelang jabatan atau Open Bidding Sekda Bintan definitif.

“Lelang jabatan untuk Sekda akan segera kami lakukan. Sedangkan untuk kepala OPD, saya rasa semua sudah terpenuhi dan seluruh OPD di Bintan sudah memiliki Kepala dinas,” sebutnya.

Saat ini lanjut Roby pihaknya tinggal melakukan evaluasi kinerja terhadap Kepala OPD itu yang rencananya dilakukan pada akhir atau awal tahun mendatang.

“Saat ini, biarlah dulu ASN kita fokus bekerja menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dinas maupun di tempat-tempat yang dipimpinnya, sebelum nantinya dilakukan evaluasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur provinsi Kepri Ansar Ahmad, resmi melantik Plt. Bupati Bintan Roby Kurniawan menjadi Bupati kabupaten Bintan definitif sisa masa jabatan 2021-2024.

Pelantikan Bupati Bintan Roby Kurniawan dilakukan Gubernur Kepri Ansar Ahmad sesuai dengan SK Menteri dalam negeri Nomor: 131.21.5483 tahun 2022 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan pemberhentian Wakil Bupati Bintan tanggal 23 September 2022.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan penyerahan SK Bupati oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad ke Roby Kurniawan di Gedung daerah kota Tanjungpinang Senin (3/9/2022).

Sebelumnya, Roby Kurniawan adalah wakil bupati Bintan yang berpasangan dengan Apri Sujadi hasil Pilkada 2020. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Golkar dan PAN, PKS dan Hanura. Namun akibat belum adanya pergantian definitif Bupati Bintan ini, mengakibatkan pengajuan Wakil Bupati Bintan dari partai pengusung tersebut juga belum tampak.

Keduanya merupakan pasangan bupati dan wakil bupati Bintan Periode 2021-2024 yang dilantik Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mewakili Menteri Dalam Negeri pada Jumat (26/2/2021) di Tanjungpinang.

Namun ditengah jalan, Jabatan Bupati Bintan definitif mengalami kekosongan pasca ditetapkanya Bupati Bintan Apri Sujadi sebagai tersangka kasus Korupsi pengaturan kuota rokok dan mikol di BP. Kawasan Bintan 2016-2018 pada Agustus 2021 lalu.

Selanjutnya, Menteri dalam negeri melalui Gubernur Kepulauan Riau menunjuk mantan wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan sebagai Pejabat Sementara Bupati Bintan pada 19 Agustus 2021.

Pada 23 Agustus 2021, Gubernur Kepri melalui Surat keputusan Nomor 130/1599/B.PEMTAS-SET/2021, kembali melantik Roby Kurniawan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan dan akhirnya dilantik sebagai Bupati bintan definitif.

Penulis;Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.