DPRD Bintan Segera Bahasa Tatib dan Panlih Wakil Bupati Bintan

Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo mengatakan DPRD Bintan Akan Segera Bahasa Tatib Pemilihan Wakil Bupati Bintan
Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo mengatakan akan segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) Tatatertib (Tatib) di DPRD Bintan untuk pemilihan Wakil Bupati Bintan. (Foto:Presmedia)  

PRESMEDIA,ID, Bintan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bintan, menargetkan sebelum 2023, wakil Bupati Bintan sudah terpilih mendampingi Bupati Bintan definitif yang baru dilantik.

Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo mengatakan, pengisian wakil Bupati Bintan itu akan segera dilakukan melalui pembentukan Panitia khusus (Pansus) dalam membahas dan mengesahkan Tata Tertib (Tatib) dan pembentukan Panitia Pemilihan (Panlih) wakil bupati Bintan di DPRD.

“Dengan dilantiknya Bupati Bintan definitif hari ini, maka pemilihan wakil Bupati akan segera kami lakukan dengan target sebelum 2023 sudah harus terpilih mendampingi Bupati,” ujarnya usai menghadiri pelantikan Bupati Bintan Roby Kurniawan di Gedung Daerah Tanjungpinang Senin (3/9/2022).

Untuk pemilihan wakil Bupati Bintan itu lanjut Agus, dalam waktu dekat DPRD akan segera membentuk Pansus Tatib kemudian dilanjutkan dengan membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) di DPRD.

Disinggung mengenai konsolidasi 5 Partai politik pengusung Calon Bupati dalam pengajuan nama calon wakil Bupati Bintan yang akan dipilih itu, Agus juga mengakui, jika sampai saat secara resmi belum ada Partai yang mengajukan. Kendati sejumlah partai Politik ada memunculkan beberapa nama walau secara administrasi atau resmi belum ada yang masuk.

Kader partai Demokrat ini juga mengakui, jika partainya di Demokrat secara internal, juga telah mempersiapkan satu nama untuk diajukan sebagai wakil Bupati.

“Satu nama kader internal Demokrat itu adalah Ahdi Muqsith Alias Osit dari pengurus DPP Demokrat,” ujarnya.

Pengusulan namanya Ahdi Muqsith sebagai calon wakil Bupati Bintan dari Demokrat sebut Agus, dilakukan berdasarkan usulan dari DPD Demokrat Kepri dan diputuskan oleh DPP Demokrat pusat untuk mengisi kekosongan wakil Bupati Bintan.

“Untuk kader di Bintan, Demokrat sebenarnya banyak Kader, Namun yang berminat untuk mengisi kekosongan wakil di Bintan ini tidak semuanya, sehingga melalui keputusan DPD, Demokrat mengajukan kader dari pengurus DPP,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Mantan Bupati Bintan Apri Sujadi dan Roby Kurniawan, merupakan pasangan Bupati dan wakil Bupati Bintan pada Pilkada 2020 Bintan. Keduanya diusung 5 Partai Politik pada Pilkada 2020 lalu itu. Sejumlah parti pengusung itu adalah Demokrat, Golkar dan PAN, PKS dan Hanura.

Namun ditengah jalan, Jabatan Bupati Bintan definitif mengalami kekosongan pasca ditetapkanya Bupati Bintan Apri Sujadi sebagai tersangka kasus Korupsi pengaturan kuota Rokok dan Mikol di BP.Kawasan Bintan 2016-2018 pada Agustus 2021 lalu.

Terpidana Korupsi Apri Sujadi sendiri merupakan kader dan sekaligus Ketua Partai Demokrat Provinsi Kepri yang dinonktifkan sebagai Bupati Bintan karena dipidana Korupsi, Selanjutnya, mantan Wakilnya Roby Kurniawan dilantik sebagai Bupati Bintan definitif.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.