Kendalikan Narkoba Dari Lapas, Napi Iwan Batu Dituntut 15 Tahun Penjara

Sidang Online Napi Lapas Tanjungpinang Irwanto Siagian alias Iwan Batu kembali dituntut 15 Penjara oleh JPU di PN Tanjungpinang, Rabu (12-10-2022).
Sidang Online Napi Lapas Tanjungpinang Irwanto Siagian alias Iwan Batu kembali dituntut 15 Penjara oleh JPU di PN Tanjungpinang, Rabu (12/10/2022). (Foto:Roland) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Terdakwa Irwanto Siagian alias Iwan Batu, kembali dituntut 15 tahun penjara, denda Rp3 miliar subsider 6 bulan kurungan karena mengendalikan narkoba jenis ganja 8.986,6 gram dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang.

Tuntutan Napi Lapas Tanjungpinang ini, dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eka Waruwu dari Kajaari Bintan, dalam sidang virtual yang diikuti terdakwa dari Lapas, di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (12/10/2022).

Jaksa menyatakan, terdakwa Irwanto Siagian alias Iwan Batu, terbukti bersalah melakukan permufakatan jahat yang tanpa hak atau melawan hukum menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 kilogram.

Hal itu, sebagaimana dakwaan primair melanggar pasal 114 ayat 2 Jo pasal 132 Ayat 1 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun denda Rp 3 miliar subsider 6 bulan kurungan,” kata JPU.

Menetapkan barang bukti berupa handphone merk vivo warna hitam, beserta SIM card yang digunakan terdakwa mengendalikan peredaran Narkoba dari lapas, dirampas untuk dimusnahkan.

Atas tuntutan jaksa aini, terdakwa yang didampingi Penasehat Hukumnya mengatakan keberatan, dan akan mengajukan pembelaan secara tertulis (Pledoi).

Atas Keberatan terdakwa, Ketua Majelis Hakim Boy Syailendra didampingi Majelis Hakim anggota menunda persidangan selama satu pekan dengan agenda mendengar Pledoi terdakwa .

Sebelumnya diberitakan bahwa tiga terdakwa, Indriana Oktalia, Jefri Yus Maeni dan Dwi Aidil Fadli Siagian, mengaku dikendalikan Napi Lapas Umum Kelas IIA Tanjungpinang

Sebelumnya, Warga Binaan Lapas Tanjungpinang Irwanto Siagian alias Iwan Batu ditetapkan BNN Kepri sebagai tersangka dari Pengembangan tersangka Indriani Oktalia (Dituntut dalam berkas terpisah) yang mengaku diperintahkan Iwan Batu dari Lapas mengambil narkoba Ganja di Pinggir jalan Gang Perantau Trikora-Bintan.

Melalui komunikasi Handphone dari Lapas, Napi Iwan Batu menghubungi Indriani Oktalia, untuk mengambil dan mengantarkan 8.986,6 gram Narkoba ganja itu ke Tanjungpinang.

Selanjutnya Indriani menyuruh terdakwa Jefri mengambil dan menjemput barang tersebut ke Trikora dengan mengajak temanya terdakwa Dwi.

Setelah berhasil mengambil, mereka selanjutnya membawa Ganja itu kerumah terdakwa Indriani di Jalan Hang Kasturi Gang Cendrawasih Batu 9 Tanjungpinang guna menunggu perintah lanjutan dari Iwan Batu, kemana ganja itu akan diantarkan.

Dari penangkapan tiga tersangka kurir suruhan Iwan Batu, BNN Kepri juga berhasil mengamankan barang bukti narkoba ganja sebanyak 15 bungkus dengan berat kotor sebanyak 317,31 gram.

Kepada Petugas BNN, ketiganya juga mengaku, sebelumnya telah mengantar 4 bungkus narkoba itu. Sehingga, sisa Narkoba dari yang diambil tinggal 9 setengah bungkus di rumah terdakwa Indriani.

Dari penangkapan ke tiga tersangka ini, petugas BNN juga menemukan hubungan telepon yang dilakukan para tersangka dengan Iwan Batu. Atas sejumlah alat bukti itu, selanjutnya BNN menetapkan Iwan batu sebagai tersangka.

Penulis:Roland
Editor :Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.