Pengurus Dekranasda Karimun 2021-2024 Dikukuhkan

Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Raja Hazmah Aunur Rafiq. Dewi Kumalasari Ansar Turut Hadir dan Berikan Motivasi
Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Raja Hazmah Aunur Rafiq. Dewi Kumalasari Ansar Turut Hadir dan Berikan Motivasi

PRESMEDIA.ID, Karimun – Sebanyak 38 Pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun periode 2021-2024 dengan ketua Raja Hazmah Aunur Rafiq, dikukuhkan Ketua Dekranasda ketua Dekranasda Kepri Dewi Kumalasari Ansar di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Rabu (12/10/2022).

Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun ini, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 02/BKMD-KEPRI/SK/10/2022 tentang pengesahan dan pengangkatan Pengurus dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Karimun masa bakti 2021-2024.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari Ansar mengharapakan, Dekranasda Kabupaten Karimun dapat segera bekerja untuk menjabarkan visi dan misi serta menyusun dan menjalankan program kerjanya.

“Penyamaan visi dan misi organisasi sangat penting dilakukan dalam menjalankan peran Dekranasda sebagai mitra pemerintah yang memiliki tugas untuk menggali serta melestarikan warisan dan tradisi dan budaya bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan yang dihasilkan,” ujar Dewi Kumalasari.

Dewi melanjutkan, dengan dibukanya sektor pariwisata dan aktivitas keramaian, diharapakan akan membangkitkan geliat ekonomi dan mendongkrak sektor pendapatan UMKM.

“Apalagi, dengan penggunaan inovasi aplikasi Gema Ekraf (Berniaga Bersama Ekonomi Kreatif) yang sudah dirilis, hendaknya aplikasi ini akan dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif dapat mempromosikan dan memasarkan produk UMKM mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Karimun Raja Hazmah Aunur Rafiq, mengatakan, peran dan tanggungjawab Pengurus Dekranasda yang dilantik sangat dibutuhkan dalam upaya membangun Kabupaten Karimun yang cerdas, sehat dan sejahtera.

Ia menyebutkan, untuk mencapainya maka Dekranasda Kabupaten Karimun harus lebih giat menjalin hubungan dengan lembaga lain sebagai mitra kerja dalam membangun ekonomi kerakyatan, sehingga peran Dekranasda semakin penting.

Selain itu diperlukan suatu terobosan dan inovasi demi maju dan berkembangnya kerajinan daerah agar lebih produktif untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas produksi, sehingga hasil kerajinan dari Karimun bisa menjadi primadona di Kepri dan di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Agar produk Karimun tidak hanya laku di daerah sendiri, namun bisa menjadi produk konsumsi di tingkat nasional bahkan menjadi produk ekspor di pasar internasional,” ungkapnya.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.