Sebanyak 515 Peserta Tour de Bintan Rebut Tiket World Championship Scotlandia

Peserta Tour de Bintan balapan sambil menikmati keindahan alam Pulau Bintan (Foto: Hasura)
Peserta Tour de Bintan balapan sambil menikmati keindahan alam Pulau Bintan (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Tour de Bintan (TdB) akan digelar 14-16 Oktober 2022. Ajang balap sepeda internasional dan bergengsi yang telah 10 kali digelar tersebut akan dilaksanakan di dua lokasi di Kabupaten Bintan.

Group General Manager (GGM) PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, mengatakan tercatat 515 pebalap telah
melakukan registrasi hingga ditutupnya pendaftaran pada 7 Oktober 2022.

Pebalap dari 40 negara, termasuk Indonesia akan meramaikan gelaran TdB tahun ini.

“Partisipasi peserta dari Indonesia kali ini cukup membuat bangga karena ternyata ajang balap sepeda ini telah mencuri perhatian yang luar biasa besar, dimana 25% dari total peserta berasal dari negara Indonesia sendiri. Peserta balap sepeda ini memilih,” jelasnya.

Para pebalap akan melalui rute jalan di Kabupaten Bintan dan Kawasan Wisata Bintan Resorts.

Abdul Wahab mengatakan, Tour de Bintan tahun ini dipersiapkan dalam waktu relatif singkat, tepatnya hanya dalam waktu 4 bulan. Pembicaraan dengan pihak Event Organizer (EO) yaitu MetaSport baru dilakukan pada Juni 2022 yang kemudian memutuskan siap melakukan kegiatan ini dengan sebuah pengumuman resmi di Agustus serta dilanjutkan dengan dibukanya pendaftaran pada bulan September.

Situasi pandemi Covid-19 masih menjadi pertimbangan panitia dalam menentukan pelaksanaan kegiatan ini.

Dari hasil pemantauan situasi pandemi yang semakin membaik dan pelonggaran aturan Satgas Covid-19, membuahkan kesepakatan bahwa Tour de Bintan dapat diwujudkan di tahun 2022 ini.

Antusias peserta juga terlihat dari respon registrasi yang masuk melalui situs website resmi serta platform sosial media Tour de Bintan yang terjadi dalam kurun waktu dua bulan sejak diumumkan bahwa Tour de Bintan resmi diadakan.

Terkait Kategori, Abdul Wahab mengatakan sesuai dengan kemampuan para pebalap. Baik itu mengikuti Grand Fondo Classic 138km, Grand Fondo Challenge 82km, Grand Fondo Century 113km ataupun Grand Fondo Discovery sejauh 52km.

Sebagai bagian dari UCI Grand Fondo Series, event ini akan memperebutkan tiket untuk dapat masuk kualifikasi pada gelaran World Championship di Glasgow, Scotlandia pada tahun 2023
mendatang.

“Kesuksesan pelaksanaan ajang olahraga Tour de Bintan yang merupakan gelaran sport tourism skala internasional ini menunjukkan kesiapan Kabupaten Bintan dan Kawasan Wisata Bintan Resorts yang saling berkolaborasi untuk dapat mewujukan berbagai kegiatan sport tourism dan acara skala internasional lainnya di tahun 2023,” katanya.

PT BRC yang merupakan pengelola kawasan wisata Bintan Resorts di Kabupaten Bintan, tengah menyusun berbagai kegiatan atau event skala internasional untuk dilaksanakan di tahun 2023 seperti Bintan Triathlon, Ironman Bintan, Bintan Marathon dan lain-lain.

Penulis: Hasura
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.